Bangli Di Situs Tugu Perjuangan Dibongkar

oleh -
Petugas Pol PP Tangsel saat melakukan pembongkaran bangunan liar diarea tugu perjuangan rakyat Serpong, Kamis(1/9/2016)

TANGSEL, MT – Bangunan liar (Bangli) diarea situs bersejarah tugu perjuangan rakyat Serpong di pertigaan Cisauk, Kamis(1/9/2016) akhirnya dibongkar.

Pembongkaran dilakukan oleh tim gabungan dari Satpol PP, TNI/Polri, Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) serta Kantor Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) kota Tangerang Selatan(Tangsel).

Kasatpol PP Tangsel Azhar Syam’un mengungkapkan, pembongkaran terhadap bangli di area situs bersejarah tersebut merupakan kesepakatan bersama dengan beberapa pihak terkait yang menginginkan bangli itu di bongkar.

“Kalau di area tugunya ada 6 bangunan yang ditertibkan. Adapun surat pemberitahuan pembongkarannya sudah dilayangkan kepada pemilik beberapa hari lalu,” kata Azhar.

menurutnya, pembongkaran terhadap bangli tidak hanya dilakukan di area situs bersejarah tugu perjuangan saja. Di depan tugu pahlawan yang ada di jalan menuju Cisauk, Kabupaten Tangerang, puluhan bangli turut di bongkar.

“Bangli yang berada di jalan menuju Cisauk itu kan sudah jelas lokasinya berada di fasos-fasum. Makanya kita tertibkan juga. Karena sudah melanggar perda ketertiban umum,” ungkapnya.

Kepala Kantor Budpar Tangsel, Yanuar mengatakan, penertiban bangli yang ada di area tugu merupakan upaya pemerintah untuk menyelamatkan situs-situs yang di anggap memiliki nilai-nilai sejarah. Apalagi, Pemkot Tangsel melalui Kantor Budpar saat ini tengah melakukan kajian terhadap situs-situs bersejarah yang ada di Tangsel.

“Jadi, penertiban bangunan yang ada di tugu merupakan upaya untuk melestarikan salah satu situs bersejarah yang ada,” tutur Awang, sapaan akrabnya.

Lanjut Awang, pihaknya akan berkoordinasi dengan DKPP Tangsel agar secepatnya melakukan pemugaran terhadap tugu perjuangan rakyat tersebut.

“Kita upayakan secepatnya. Sebab, jika tidak langsung dilakukan pemugaran dikhawatirkan akan ada lagi bangunan liar di area tugu perjuangan maupun tugu pahlawan disitu,” tandasnya.

Pembongkaran bangli yang dilakukan sekira pukul 08.00 Wib tersebut dilakukan dengan cara manual.Meski  sempat mengalami kesulitan, petugas akhirnya dapat merobohkan tembok bangunan dengan cara di tarik menggunakan mobil Dalmas Satpol PP Tangsel. (mt02)

Tinggalkan Balasan