Bangun Motivasi Menuju Jenjang Perguruan Tinggi, 500 Siswa Ikuti Training Yayasan Rydha

oleh

Monitor, Kabupaten- Sebanyak 500 siswa tingkat SMA dan sederajat mengikuti Training Motivation di Aula Kantor Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Minggu (20/1/2019). Kegiatan itu terselenggara atas kerjasama antara Yayasan Rydha dengan Komunitas Pemuda Rydha (Komper).

Training Motivation yang digelar pada tahun ke-5 ini mengambil tema “Pemuda Mulia, Berani Kuliah”. Upaya itu dilakukan gua membangkitkan semangat para siswa dalam memasuki jenjang perguruan tinggi. Karena diketahui, minat para siswa di daerah sekitar terbilang rendah untuk melanjutkan studi ke tingkat Universitas.

Dari 500 siswa yang mengikuti Training Motivation, sebagian besarnya merupakan siswa kelas 12 (3 SMA). Mereka berasal dari 23 sekolah Negeri maupun swasta yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Tangerang.

Diantara sekolah-sekolah itu adalah, MAN 3, MAN 4, SMAN 2, SMAN 4, SMAN 11, SMAN 12, SMAN 13, SMK Pantura, SMK Permata Kemiri, SMK Al-Gina, MA Raudhatul Hidayah, SMA Paradigma, SMA Bina Bakti, SMK Tunas Pemuda, MA Yaspirat, dan lainnya.

Ketua Dewan Pembina Rumah Yatim Dhuafa Rydha, Abdul Aziz Hady, menjelaskan, kegiatan berupa Training Motivation telah berlangsung sejak tahun 2014 silam. Dimana hingga kini tercatat, ada sekira 162 mahasiswa hasil binaannya tengah mengenyam pendidikan tinggi di berbagai Universitas di Indonesia.

“Sudah ada sekira 162 mahasiswa yang belajar di berbagai kampus dari Sabang sampai Merauke. Mereka benar-benar kita kawal dari saat masih sekolah, lalu kita seleksi dan kita arahkan untuk mengambil program beasiswa,” katanya.

Dilanjutkan dia, mereka yang mendapat program beasiswa dari Yayasan Rydha (B-Bestrydha) adalah siswa-siswa dari keluarga dhuafa dan anak-anak yatim. Bahkan para peserta training juga diarahkan untuk mengambil program beasiswa dari pemerintah, misalnya melalui Bidikmisi.

“Untuk wilayah ini, rupanya masalah biaya menjadi faktor utama yang membuat para siswa tak berani melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan. Jadi training ini salah satu tujuannya adalah untuk mengatasi masalah tersebut,” sambungnya.

Sementara itu, siswa binaan Yayasan Rydha sekaligus penggagas Training Motivation, Apud Dian (24) berharap, jika kegiatan memotivasi para siswa menuju bangku kuliah bisa menjadi wadah pengembangan karakter siswa di berbagai daerah, tak hanya berpusat di kota-kota besar saja.

“Kita fokus pada pendidikan belajar mereka agar bisa belajar lebih tinggi, tidak takut biaya, sehingga kelak mereka dapat menjadi ilmuwan, ahli hukum, dokter, bahkan Profesor di bidangnya masing-masing,” ucap Apud, yang kini menyandang gelar Sarjana S1 dari UIN Bandung.

Kegiatan Training Motivation tak hanya berisi tentang narasi pembangunan mental, tapi juga diselingi Work Shop, serta beberapa game yang membuat para siswa tertarik mengikuti rangkaian acaranya. Langkah itu dinilai efektif membangkitkan antusiasme siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi bangku kuliah.(bli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *