Bangun Sinergi Pemberdayaan Yatim Dhuafa, Samawa Foundation dan Pemerintah Desa Padurenan Jalin Kerjasama

oleh -
Sejumlah pengurus yang tergabung dalam Yayasan Samawa Peduli Berbagi (Samawa Foundation) melakukan kunjungan kepada Pemerintah Desa Padurenan Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jumat (05/6/2020).

Monitor, Bogor- Guna menjalin kerjasama kegiatan sosial pemberdayaan yatim- dhuafa, sejumlah pengurus yang tergabung dalam Yayasan Samawa Peduli Berbagi (Samawa Foundation) melakukan kunjungan kepada Pemerintah Desa Padurenan Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jumat (05/6/2020).

Dalam kunjungan tersebut, pengurus Samawa atau yang biasa disebut dengan “Sahabat Samawa” diterima langsung  Penjabat Sementara Kepala Desa Padurenan, Sadih, S.Sos didampingi Kades Hormat, M Yusuf, Kepala Dusun Taman Sari Bukit Damai, Bambang Eko Purwanto dan Kepala Dusun Kampung Bulak, Andi Baron.

Selain perkenalan, silaturahmi yang berlangsung hangat diruang kepala desa itu, juga membahas beberapa program sosial yayasan  terkait pembinaan yatim dan dhuafa serta pemberdayaan masyarakat, sekaligus rencana peresmian Rumah Yatim Samawa yang berlokasi di Jl. Anyelir Timur  Blok A 10 No 28 Komplek Perumahan Taman Sari Bukit Damai.

Penjabat Kades Padurenan, Sadih menyambut baik semua program yang digagas yayasan untuk melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan. Menurutnya, saat ini belum tumbuhnya kepedulian kegiatan sosial di Padurenan, disebabkan kurangnya penyemangatan kepada warga.

“Pembinaan yatim selama ini memang dirasakan belum menyentuh sampai kepada hati nurani, dimana anak yatim itu harus kita bina, harus kita jaga dan rawat. Pembinaannya selama ini  masih apa adanya, santunan pun baru setahun sekali berjalan, paling ditambah saat Hari Raya Idul Fitri, itu pun dari zakat,” kata Sadih.

Sadih  sangat mendukung niat baik yayasan baik secara moril maupun materil. Dia mendoakan agar Samawa yang berdomisili di Desa Padurenan dapat berkembang dan maju. Selain itu, melalui pemerintah desa dirinya berjanji untuk  mengajak sejumlah perusahaan yang ada agar  ikut membantu dan membangun kepedulian sosial  bersama Yayasan Samawa melalui dana CSR (corporate sosial responsibility)  yang mereka miliki.

Hal sama diungkapkan Kepala Dusun Taman Sari Bukit Damai, Bambang Eko Purwanto yang membawahi dua  kepengurusan RW  yakni RW 06 dan RW 07 di perumahan tersebut. Selain sangat mendukung keberadaan Samawa dengan kehadiran rumah yatim di wilayahnya, Kadus juga menyarankan agar pihak Samawa bisa menjalin kerjasama dengan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna di Komplek Perumahan Taman Sari. Kadus juga menitipkan, agar Sahabat samawa tertib dalam beradministrasi sebagaimana yang telah diberlakukan di lingkungan perumahan selama ini.

Mengenai keberadaan Samawa dan perkembangannya, ditempat yang sama Kepala Dusun Kampung Bulak,  Andi Baron  pada sambutan singkatnya berucap syukur, dia medoakan agar yayasan ini selalu mendapatkan keberkahan dalam menjalankan semua program-program sosial keagamaan.

Sementara itu Kades Hormat, M Yusuf  berharap Yayasan Samawa bisa menjadi Icon Desa Padurenan dalam kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Jika selama ini, Samawa baru bisa menyantuni satu RW yakni RW 05 sambung Yusuf,   semoga kedepannya bisa diperluas menjadi  satu Desa Padurenan yang berjumlah lebih kurang 135 anak yatim.

Untuk Rumah Yatim Samawa, M Yusuf juga meminta kepada para ketua lingkungan di perumahan Taman Sari Bukit Damai agar  bersama-sama mengawasi anak-anak yang nantinya akan menetap dirumah tersebut.

“Dalam suasana Covid-19 saja Samawa masih bisa berbagi Sembako kepada warga yang membutuhkan. Dengan kerjasama semua pihak dan kehadiran Rumah Yatim, semoga kedepannya Samawa bisa berbuat  lebih banyak lagi,” pungkasnya. (mt01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *