Bantu Stok Darah PMI, Warga Residence One dan TNI Kompak Gelar Donor

oleh -

Monitor, Tangsel – Puluhan warga yang bermukim di Perumahan Residence One, Jelupang, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), ramai-ramai mendonorkan darahnya bersama personil dari TNI.

Warga itu berasal dari lingkungan RW 014. Kegiatan donor darah kali ini dilakukan di bundaran Borobudur, Perumahan Residence One. Pantauan dilokasi, sekitar 50-an warga nampak datang silih berganti untuk mendonorkan darahnya.

Ketua RW 014, Rikas Hidayatullah menyampaikan, kegiatan sosial donor darah ini dilakukan untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Tangsel guna memenuhi stok darah.

Pasalnya, stok darah di PMI Tangsel kian hari kian menipis lantaran di masa pandemi Covid-19 tak ada lagi warga mendonorkan darahnya.

“Kami segenap warga Residence One melaksanakan kegiatan sosial berupa donor darah, karena kami merasa selama pandemi covid-19 stok darah di PMI Tangsel menurun. Karena itu, kami merasa terpanggil untuk membantu dan sekaligus kegiatan ini untuk merayakan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75,” jelas Rikas.

Rikas menambahkan, dalam kegiatan sosial donor darah kali ini pihaknya berharap, donor darah yang dilakukan warganya dan anggota Koramil 03/Serpong, dapat membantu warga yang membutuhkan.

Sementara, ketua panitia penyelenggara donor darah kemerdekaan, Kartono, saat dikonfirmasi terkait kegiatan donor darah tersebut mengaku kegiatan itu dilakukan untuk membantu memenuhi stok darah di PMI.

“Atas arahan Pak RW, Pak Rikas Hidayatullah kegiatan ini akhirnya berjalan lancar. Kegiatan donor darah ini untuk membantu PMI memenuhi stok darah, selain itu kegiatan ini juga untuk memperingati HUT Republik Indonesi ke 75,” ucapnya.

Diwaktu yang sama, Danramil 03/Serpong, Mayor Arh Wahyu Hidayat ketika berbincang dengan awak media menyampaikan, pihaknya mengirimkan lima anggotanya untuk mengikuti kegiatan donor darah kemerdekaan yang digelar warga RW 014.

“Ada lima anggota yang ikut donor darah, kami berharap kedepannya kegiatan ini terus berlangsung agar, sebab kegiatan dorong darah ini sangat positif,” jelasnya.

Terpisah, petugas lapangan PMI Tangsel, Etri Dinanti, mengaku dalam kegiatan donor darah ini berjalan lancar tanpa ada kendala. Meski, kata Etri Dinanti, terdapat salah satu warga ditolak sebelum mendonorkan darahnya.

“Iya tadi ada satu warga saat mau donor kita tolak, sebab Hemoglobin (HB) yang ada ditubuhnya terlalu tinggi, jadi kita tolak. Untuk ketentuan batasan HB minimal berada pada 12,5 – 17,0 gr. Memang benar, informasinya stok darah di PMI dalam masa pamdemi berkurang,” katanya.(bli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *