Beda dengan ASN Lain di Tangsel, Taufik Pilih Bersepeda Saat ke Kantor

oleh -
Fasilitas tempat parkir khusus sepeda di Balai Kota Tangsel terlihat belum dimanfaatkan secara maksimal. (foto ist)

Monitor, Tangsel – Ada yang unik dari kebiasaan Kepala Seksi Media dan Kemitraan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Taufik Ismail. Tidak seperti kebanyakan pegawai lainnya yang datang ke kantor menggunakan kendaraan bermotor roda dua ataupun roda empat, Taufik justru menjadi satu-satunya ASN (Aparatur Sipil Negara) di Pemkot Tangsel yang memilih bersepeda saat ke kantor.

Taufik mengaku sudah menggunakan sepeda sebagai alat transportasinya saat bekerja sejak 2018. Disamping karena hobi dan suka berolahraga, ia juga beralasan memilih bersepeda untuk menjalankan sunnah Nabi menjaga lingkungan alam.

“Karena hobi sejak kecil, sunnah Nabi juga menjaga lingkungan alam. Selain juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh jadi semangat, mengurangi polusi, bisa berhemat dan menurut saya bersepeda itu juga modis,” kata Taufik memberikan alasannya saat dihubungi Monitortangerang.com melalui pesan WhatsApp, Selasa (15/07/2021).

Taufik menyebut kebiasaan bersepeda sudah dilakukannya sejak dirinya masih di bangku sekolah. Meski berbeda dengan kebanyakan ASN lainnya, Ia mengaku senang dan tetap konsisten menggunakan sepeda, apalagi sepeda yang digunakannya merupakan sepeda hasil rakitan sendiri.

“Seneng banget, karena kebetulan jarak rumah nggak terlalu jauh. Sudah kebiasaan sejak dulu ke sekolah sering naik sepeda, dan baru kesampaian punya sepeda sesuai keinginan dari hasil merakit sendiri, rasanya puas sekali,” ujarnya.

Sebetulnya, kata Taufik, olahraga yang digemarinya adalah sepakbola. Namun, kini ia lebih memilih sepeda karena menurutnya lebih simpel dan bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus bersama-sama.

“Sebetulnya saya suka sepakbola. Karena cidera, lapangan yang terus berkurang dan terbatas, juga harus bersama-sama, dan mencari waktu juga susah, apalagi pandemi ini membatasi. Maka sepeda sebagai alternatif pengganti olahraga saya yang simpel dan bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus bersama-sama,” terangnya.

“Pada intinya saya suka olahraga. Dan bersepeda bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan untuk banyak aktivitas lainnya yang bermanfaat,” imbuhnya.

Iapun berharap, kedepan semua pegawai di lingkungan Pemkot Tangsel yang jarak dan aktivitasnya memungkinkan bisa menggunakan sepeda. “Harapan saya semua pegawai yang sekiranya memungkinkan (jarak dan aktivitasnya) tidak mengganggu pekerjaan bisa menggunakan sepeda dan harapannya fasilitas bersepeda terus didorong dan ditingkatkan lagi untuk menambah semangat bersepada,” pungkasnya. (mt03)

Tinggalkan Balasan