Begini, Peringatan HUT Pramuka Kabupaten Tangerang Ditengah Pandemi Covid-19

oleh -
Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar saat memimpin Upacara Hari Pramuka ke-59 tingkat Kabupaten Tangerang

Monitor, Kabupten- Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Tangerang menggelar Upacara Hari Pramuka ke-59 tingkat Kabupaten Tangerang, yang digelar secara sederhana dengan protokol Covid-19, di Halaman Kantor Kwarcab Kitri Bakti Kec. Curug Kabupaten Tangerang, Jumat (28/8/2020).

Diketahui bahwa Gerakan Praja Muda Karana atau Pramuka Indonesia dibentuk pada 14 Agustus 1961, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, tahun ini tema hari Pramuka adalah ”Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 Dan Bela Negara, dimana seluruh aktivitas dan kegiatan pramuka pada tahun 2020 adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19.

“Atas nama Pemerintah Daerah serta Selaku Pimpinan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, mengucapkan Selamat Hari Pramuka ke-59 kepada segenap keluarga Besar Gerakan Pramuka khususnya di Kabupaten Tangerang,” kata Zaki.

Menurutnya, kita patut untuk bersyukur bahwa ditengah kondisi kebiasaan baru seperti sekarang ini, Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang tetap bisa eksis sebagai garda terdepan dalam upaya mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik pada masa depan.

“Saya berharap kedepan walaupun ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang melanda kita semua, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang dapat tetap terus berkreasi dan berinovasi dalam upaya meningkatkan kualitasnya sebagai gugus depan melakukan tugas pokok sebagai sarana pendidikan karakter daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Soma Atmaja selaku Ketua Pelaksana HUT Pramuka Ke-59 menambahkan, bahwa wabah Covid-19 ini berdampak kepada beberapa aktivitas Kepramukaan dilingkungan Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang yakni tidak dapat dilaksanakannya Program Kerja Hasil Rapat Kerja Cabang secara Normal sesuai rencana.

“Untuk itu, Kwartir Cabang terus berinovasi dan beradaptasi dalam menjalankan Aktifitas Kegiatan Kepramukaan seperti Aktifitas Kesekretariatan dan Program-praogram yang masih dapat dilaksanakan dengan mengikuti Protokol Kesehatan,” ujar Soma.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid menjelaskan, salah satu bentuk Peran Pramuka adalah dengan ikut sertanya sejumlah anggota Pramuka menjadi Relawan Covid-19 di Rumah Singgah Karantina Anabatic Tangerang.

Adapun Peran lain, kata Maesyal, adalah pembagian masker kepada masyarakat oleh SBH Kabupaten Tangerang, Membantu Cek Point diberbagai kecamatan oleh satuan karya Pramuka Bhayangkara, Pembagian Sembako di Pandeglang yang dilaksanakan hasil Kerjasama Ikatan Alumni Kesehatan UI dengan SBH Cabang Kabupaten Tangerang, Melakukan Penyemprotan Desinfektan di Ruang-ruang publik bekerjasama dengan BPBD dan PMI Kab. Tangerang.

“Partisipasi tingkat Nasional dan Daerah yaitu : Gelang Ajar Pembina Virtual, Pitaran Pelatih Virtual, Hari Pramuka Tingkat Nasional dan Daerah secara Virtual,” pungkasnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *