Berhasil Kelola Lingkungan, Tiga Sekolah di Tangsel Dapat Penghargaan Adiwiyata

oleh
Kepala BLHD Tangsel, Rahmat Salam bersama kepala sekolah usai menerima penghargaan adiwiyata

Monitor, Tangsel- Tiga sekolah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendapatkan penghargaan Adiwiyata tingkat nasional 2016. Penghargaan ini hasil kerja keras Pemkot Tangsel bersama stakeholder dalam pengelolaan lingkungan.

 Ketiga sekolah tersebut yakni SD Islam Amalina, SDN Pondok Kacang Barat 3 dan SMA Insan Cendikia Madani. Penghargaan yang diserahkan Kementerian Lingkungan Hidup bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada perwakilan sekolah yang didampingi Kepala Badan Ligkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel, Rahmat Salam dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangsel, Mathoda di gedung Mandala Wanabakti, Jakarta, Selasa (13/12/2016).

Kepala BLHD Kota Tangsel Rahmat Salam mengatakan, ketiga sekolah tersebut sudah memenuhi empat kriteria penilaian, yakni sekolah berbasis lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan partisipasi berbasis lingkungan serta sarana dan prasarana lingkungan di sekolah.

“Sebelumnya ketiga sekolah ini meraih adiwiyata tingkat provinsi. Ke depannya, ketiga sekolah ini akan kami bina untuk Adiwiyata Mandiri,” ujarnya, Rabu (14/12/2016).

Sementara, Kabid Informasi Peningkatan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Pengelolaan Lingkungan pada BLHD Kota Tangsel Irma Safitri menambahkan, selain tiga sekolah meraih penghargaan Adiwiyata Nasional, di tahun ini juga SMPN 3 Kota Tangsel meraih Adiwiyata Mandiri. Untuk naik tingkat dari adiwiyata nasional ke adiwiyata mandiri salah satu persyaratan yang dipenuhi yakni harus membina tiga sekolah.

“Dengan melaksanakan Program Adiwiyata akan menciptakan peserta didik yang peduli dan berbudaya lingkungan,” ujarnya.

Irma menjelaskan, tujuan program Adiwiyata yaitu untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah sebagai tempat pembelajaran dan penyadaran siswa. Sehingga di kemudian hari siswa dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

“Kegiatan utama program adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Kota Tangsel,” tandasnya. (mt02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *