Berkunjung ke Kabupaten Tangerang, Mendagri Bilang Begini Soal Penanganan Covid-19

oleh -
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dan Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar di Ruang Rapat Wareng Gedung Setda Kabupaten Tangerang

Monitor, Kabupaten,- Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Tangerang dalam rangka penanganan dan penanggulangan Covid-19.

Kunjungan mantan Kapolri tersebut diterima langsung oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar di Ruang Rapat Wareng Gedung Setda Kabupaten Tangerang, pada Senin (26/7/21)

Dalam kesempatan itu, Mendagri Tito Karnavian mengatakan, kunjungannya ke Kabupaten Tangerang dalam rangka rapat koordinasi dengan Bupati Tangerang serta unsur Forkopimda terkait penanganan pandemi khususnya PPKM level 4 yang diterapkan di Kabupaten Tangerang.

“Kabupaten Tangerang meskipun masuk PPKM level 3 tetapi karena aglomerasi dengan Jabodetabek maka diterapkan seperti PPKM Level 4,” ujar Mendagri, Senin (26/7/21).

Mendagri juga tadi mendengarkan paparan dari Bupati Tangerang, bahwa indikator-indikator di Kabupaten Tangerang pada prinsipnya sudah membaik yang ditandai dengan positivity rate yang menurun kemudian BOR yang menurun, fatality rate juga menurun artinya cukup membaik dari level 4 ke level 3 turun.

“Karena aglomerasi kedekatan dengan Jabodetabek sehingga Kabupaten Tangerang memasuki level 4, ini dilakukan mengingat Kabupaten Tangerang sangat strategis, sebab memiliki penduduk yang hampir 4 juta. Keberhasilan penanganan di ibukota sangat bergantung pada daerah-daerah satelit seperti Kabupaten Tangerang yang terbesar di aglomerasi Jabodetabek,” Ungkapnya.

Ia juga sangat mengapresiasi Bupati Tangerang atas semua langkah dan kerja keras serta kekompakan dengan unsur Forkopimda dalam penangnan pandemi di Kabupaten Tangerang.

“Saya mengucapkan terima kasih yang tinggi kepada Bupati Zaki, salah satu pesan dari Presiden itu adalah pencairan insentif tenaga kesehatan yang dananya sudah ada di masing-masing daerah menjadi tanggungjawab daerah masing-masing penyalurannya. Saya lihat angkanya sudah dicairkan 56% di Kabupaten Tangerang, itu sudah sangat baik dan sangat bagus,” ujar Mendagri.

Menurutnya, Bupati Tangerang sudah berkomitmen untuk terus mencairkan insentif tenaga kesehatan, karena penting untuk meningkatkan moral para tenaga kesehatan yang merupakan garis terdepan dalam peranan Pandemi.

Sementara itu, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengucapkan terima kasih atas kehadiran Mendagri dan seluruh jajaran di Kabupaten Tangerang.

“Kehadiran beliau pada hari ini memberikan banyak masukan kemudian juga petunjuk dan arahan serta memberikan motivasi dan semangat untuk terus bekerja di tengah PPKM level 4 di Kabupaten Tangerang untuk menurunkan angka penyebaran virus Covid-19 dan juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat,” kata Zaki.

Menurutnya, ditengah keterbatasan yang dialami oleh daerah-daerah, tentu saja tugas pokok dan target yang paling penting adalah menyelamatkan kesehatan masyarakat sambil menjaga perekonomian dan keadaan sosial di wilayah masing-masing.

“Mudah-mudahan hasil dari rakor ini bisa segera kami tindaklanjuti dan tentu saja mohon selalu dukungan arahan dan bimbingan dari Pak Mendagri untuk penanganan pandemi Covid 19 di Kabupaten Tangerang termasuk perkembangan dari anggaran daerah,” ungkap Zaki. (mt02)

Tinggalkan Balasan