BMKG Minta Warga Tangsel Waspadai Angin Kencang dan Petir

oleh -

Monitor, Tangsel- Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi salah satu wilayah yang tengah memasuki transisi menuju musim penghujan. Stasiun Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Ciputat, memprediksi transisi akan berlangsung hingga pertengahan Oktober 2020.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun BMKG Ciputat, Yanuar Henry Pribadi menerangkan, pihaknya telah merilis prakiraan musim hujan untuk wilayah Banten dan DKI Jakarta. Pada umumnya, untuk wilayah Banten musim hujan akan terjadi pada pertengahan Oktober.

“Musim hujan pada pertengahan Oktober nanti akan terjadi antara lain di wilayah Pandeglang, Lebak, kemudian bergerak ke wilayah utaranya di Serang bagian selatan, Tangerang bagian selatan, Tangerang Selatan,” kata Yanuar, Selasa (22/9/2020).

Pada wilayah-wilayah itu, sambung Yanuar, biasanya fase transisi akan diwarnai hujan lebat dalam waktu singkat disertai angin kencang dan kilat. Perubahan cuaca terjadi pada siang menjelang sore hari. Sedangkan pada pagi menjelang siang hari, cuaca terlihat cerah dan terik.

“Ciri-cirinya adalah akan diiringi dengan berbagai macam potensi hujan yang sangat lebat dalam waktu singkat, angin kencang dan petir. Terjadinya pada waktu siang menjelang sore hari,” jelasnya.

Situasi angin kencang dan petir itu dengan sendirinya akan berakhir saat musim hujan turun konstan pada pertengahan Oktober nanti. Warga pun diimbau agar menjauhi berteduh di bawah pepohonan dan bangunan-bangunan semi permanen.

“Bila awan cumulo nimbus sudah gelap, waspadai angin kencang karena biasanya disertai petir. Hindari berteduh di bawah pohon-pohon tinggi, lebih baik berlindung di bawah bangunan permanen. Durasinya tidak lama biasanya. Masyarakat bisa mengupdate info dari kami di aplikasi android, jadi akan ada warning dari kami soal kondisi cuaca,” katanya.

Sebagaimana diketahui, cuaca dalam beberapa pekan ini terlihat berbeda dari biasanya. Di mana menjelang siang hari suhu udara terasa panas menyengat. Namun begitu memasuki sore hari, berubah drastis menjadi mendung berawan lalu disusul angin kencang, sambaran petir, dan hujan lebat dalam waktu singkat.(bli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *