BPBD Tangsel : Minggu Pagi, Banjir di Pondok Aren Surut

oleh -
Kondisi banjir di Pondok Aren (Photo: Istimewa)

TANGSEL, MT- Banjir yang merendam ratusan rumah warga dibeberapa titik di Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan (Tangsel), saat ini telah kembali normal.

Seperti diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel, Uci Sanusi saat dihubungi  monitortangerang.com, Minggu(28/8/2016)malam, mengatakan bahwa kondisi banjir telah surut.

“Alhamdulilah, pada Minggu(28/8) siang tadi, keadaan sudah kembali normal. Sabtu (27/8/2016)malam pukul  00.15 wib  untuk Perumahan Pondok Maharta, Pondok Kacang Prima dan Villa Regency sudah normal kembali. Sementara,  Kampung Bulak pada pukul 03.30 wib banjir   mulai surut. Minggu pagi, warga sudah bisa kembali bersih-bersih dirumahnya,” terang Uci.

Dari tujuh kecamatan di Tangsel, Uci menjelaskan, hanya kecamatan Pondok Aren yang mengalami banjir akibat hujan deras.  Banjir  yang melanda rumah warga itu akibat dari  jebolnya tanggul penahan air di Kali Serua Hulu. Sehingga  warga perumahan disekitar kali tersebut, mulai dari  Kampung Bulak, Pondok Maharta, Pondok Kacang Prima dan  Villa Bintaro Regency mengalami kebanjiran.

“Kebanyakan warga tidak mengungsi, hanya warga Kampung Bulak yang rumahnya  satu lantai mengungsi dimasjid  hingga banjir surut,” katanya.

Berdasarkan data yang diperoleh BPBD Tangsel, warga yang rumahnya terendam banjir di Pondok Aren pada Sabtu (27/8/2016) yakni, Kampung Bulak sekitar 60 KK, Pondok Maharta 350 KK, PKP dan Vila Regency  kurang lebih 75 KK.

Guna antisipasi musibah serupa, Uci menjelaskan bahwa BPPD Tangsel selalu berkoordinasi dengan para relawan siaga bencana. Selain itu juga telah disiapkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang rumahnya kebanjiran.

“Pada dua titik yang rawan banjir, seperti di Kampung Bulak dan Pondok Maharta kami sudah membentuk satuan komunitas siaga bencana yang telah dilengkapi dengan perahu karet.

Dan jika diperlukan dapur lapangan kami juga koordinasikan dengan dinas sosial. Untuk sementara ini, bantuan makanan yang diberikan berupa makanan siap saji,” pungkasnya.(mt02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *