Cilegon Capai Target Imunisasi Measles Rubella

oleh
Kepala Bidang Pencegahan & Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Cilegon, drg. Niniek Harsini, M.Kes

Monitor, Cilegon- Cilegon menjadi salah satu wilayah di Banten yang sukses melakukan kampanye Imunisasi vaksin Measles Rubella (MR). Hingga per 5 Oktober 2017, imunisasi MR di Cilegon sudah 101,6 persen, atau sudah melampaui target yang ditetapkan sebanyak 112.095 anak.

“Imunisasi Measles Rubella ini memang sudah kami persiapkan sejak awal tahun 2017, meskipun pelaksanaannya baru dilakukan pada bulan Agustus –September 2017. Persiapannya selain anggaran sosialisasi, juga kami terus melakukan training cara menyuntik bagi para perawat,” tutur Kepala Bidang Pencegahan & Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Cilegon, drg. Niniek Harsini, M.Kes, Senen,(9/10/2017) di Puskesmas Cibeber Cilegon Banten.

Menurutnya, realisasi imunisasi MR di Kota Cilegon hingga 5 Oktober 2017 dari target 112.095 anak tersebut realisasinya mencapai 113.803 anak sasaran imuniasi MR yakni usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Program ini menurut Niniek akan terus dikampanyekan di masa perpanjangan waktu imunisasi hingga 14 Oktober 2017.

Agar target yang diharapkan bisa tercapai, menurut Niniek, Dinkes Cilegon tidak hanya bersinergi dengan organisasi seprofesi, seperti Ikatan Perawat Indonesia (IPI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI),  tetapi juga dengan instansi pemerintahan lainnya, di antaranya dengan Dinas Pendidikan (Dindik), Kementerian Agama (Kemenag), Majelis Ulama Indonesia (MUI),  Camat, Lurah hingga Kepolisian.

“Tidak hanya mendatangi sekolah-sekolah, kami juga membuka pelayanan di Puskesmas, Posyandu, rumah sakit swasta, serta melakukan penyisiran hingga ke rumah-rumah penduduk,” ucap Niniek.

Posyandu Melati 2 yang berada di RT 06/RW 01 Kedaleman Cibeber Kota Cilegon, adalah salah satu posyandu yang ikut mensukseskan kampanye imunisasi MR.

“Di Posyandu Melati 2 ini ada 129 anak, semua bisa terimunisasi, bahkan saat kami melakukan swepping ke rumah-rumah penduduk, kami mendapatkan 21 anak, jadi total anak yang tervaksin ada 150 anak balita,” ujar Kader Posyandu Melati 2, Dewi Setiawati, yang mendapat bantuan penuh dari Kepala Posyandu Melati 2, Bidan Lina Agustian.

Sementara itu,  Ketua IDI Cilegon, Dr. Lendy Selyanto, MARS., menyatakan bahwa seluruh anggota IDI Cilegon mendukung penuh program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tersebut.

“Kami secara bergantian ikut melakukan vaksinasi, baik itu di sekolah, puskesmas, maupun rumah sakit tempat para dokter bertugas,” ucap Lendy.(mt08)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *