Datangi Kantor KPU Tangsel, Puluhan Siswa Lakukan Simulasi Pemilu

oleh
Beberapa siswa saat melakukan simulasi pemungutan dan perhitungan suara di kantor KPU Tangsel.

Monitor, Serpong – Tak biasanya, Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Serpong pada Rabu, (31/10) dipenuhi puluhan siswa dari SD Islam Terpadu Ar Ruhama Pondok Aren. Mereka ternyata, datang ke kantor KPU karena ingin belajar soal Pemilu.

Dalam kunjungannya itu, sebanyak 62 siswa itu melakukan simulasi pemungutan dan perhitungan suara dengan menggunakan Partai Anggur dan Partai Apel. Dalam simulasi tersebut Partai Anggur menang telak dengan perolehan 34 suara atas lawanya Partai Apel yang hanya memperoleh 28 suara.

Puluhan anak itu berbagi peran, mulai menjadi keamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS), petugas KPPS, dan juga berperan sebagai pemilih. Dalam simulasi tersebut Pemilu berlangsung sangat demokratis.

Menurut Wakil Kepala Sekolah SD Islam Terpadu Ar Ruhama Pondok Aren, Iswarno, bahwa kegiatan tersebut merupakan tangkasi pelajaran PPKN tentang kepemiluan, dimana dengan mengunjungi KPU maka para murid bisa praktek langsung.

“Ada materi dari PPKN dimana salah satunya tentang Pemilu, jadi kita ajak anak-anak kelas VII ke sini untuk praktek langsung di luar teori yang diberikan di sekolah,” kata Iswarno.

Menurutnya dengan pembelajaran seperti itu, maka para murid ke depanya akan lebih paham seperti apa proses pesta demokrasi yang selama ini berlangsung di sekolah.

“Ke depanya anak-anak kita ini akan menjadi pemilih pemula, jadi mereka sudah dapat pembekalan ilmu kepemiluan sejak dini. Itu yang kita harapkan dari simulasi ini,” katanya.

Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro mengatakan, bahwa pihaknya sangat senang dengan adanya kunjungan tersebut. Karena dapat memberikan banyak pengetahuan kepada para murid.

Bambang mengatakan dalam kunjungan itu, para murid tidak hanya sekedar melakukan simulasi saja, tetapi juga ada kegiatan nonton film perjalanan demokrasi Indonesia dan beberapa permainan tentang Pemilu.

“Kami sangat senang adanya kunjungan ini. Tentunya kami berharap apa yang didapatkan hari ini bisa mereka praktekan dalam lingkungan sekolah. Misalnya dalam pemilihan ketua kelas,”imbuhnya. (hms/mt02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *