DBPR Tangsel Turut Meriahkan Pawai MTQ IX dan MTQ Pelajar V Tingkat Tangsel

oleh
Kafilah Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) Kota Tangsel antusias mengikuti pawai ta'aruf pada pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) IX dan MTQ Pelajar V Tingkat Kota Tangerang Selatan

Monitortangerang.com – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX dan MTQ Pelajar V tingkat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) telah usai digelar. Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) Kota Tangsel , salah satu OPD di Tangsel yang turut berkontribusi dalam mensukseskan gelaran MTQ tersebut.

DBPR Kota Tangsel turut mengirimkan puluhan peserta pada pawai MTQ IX dan MTQ Pelajar V tingkat Kota Tangsel. Rombongan peserta dari DBPR Tangsel dipimpin langsung  oleh Kepala Dinas DBPR, Ir Dendi Pryandana, MT.

Seperti diketahui, pawai MTQ IX dan MTQ Pelajar V tingkat Kota Tangsel yang berlangsung di Jalan Siliwangi, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (17/9/2018) lalu diikuti lebih dari 13.000 peserta dari berbagai organisasi dan organisasi perangkat daerah (OPD). Para peserta berjalan dengan titik start di Kompleks Perumahan Villa Dago, Pamulang pukul 06.00 WIB menuju Kantor Kecamatan Pamulang.

Acara pawai tersebut juga dimeriahkan oleh ondel-ondel, reog ponorogo, polisi cilik hingga marching band. Sementara itu Iring-iringan pawai dilakukan sejak pagi mulai pukul 08.30 WIB hingga  pukul 11.00 WIB.

 “Sebagaimana OPD lainnya , kami juga turut memeriahkan kegiatan pawai ta’aruf MTQ  ke-Ixdan MTQ Pelajar V Tingkat Kota Tangsel,” kata Kepala Dinas DBPR Tangsel, Ir Dendi Pryandana.

Kepala Dinas berharap kegiatan Musabaqoh yang dipusatkan di Kecamatan Pamulang dapat berjalan lancar dan sukses. Kegiatan MTQ yang diselenggarakan rutin tiap tahun itu, menurutnya sangat penting sebagai wujud daripada penggalian potensi warga Tangsel dibidang agama. Terlebih predikat Tangsel sebagai kota yang bermottokan religius.

“MTQ itu merupakan kegiatan yang sangat positif dalam rangka syiar islam sekaligus untuk menggali potensi masyarakat Tangsel dibidang keagamaan. Terlebih Tangsel sebagai kota yang bermottokan religius,” tambahnya.

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany  mengatakan bahwa, kegiatan MTQ yang dilaksanakan dari Senin hingga Kamis (17-20/9/2018) ini tidak hanya sekadar seremonial dan mencari bibit saja, namun bagaimana melakukan syiar agama dan mengajak masyarakat, untuk membaca Alquran.

Selanjutnya, juara pada MTQ ini akan mewakili Kota Tangsel pada lomba yang sama di tingkat Provinsi Banten. . “Dari kegiatan ini, kami bisa mendapatkan juara-juara yang akan dibawa ke tingkat provinsi,“ katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel, H Muhamad mengatakan, MTQ IX tahun ini ada perubahan seperti pelaksanaan MTQ tingkat kota, yakni untuk umum dan MTQ pelajar dibarengkan. Di pelaksanaan MTQ sebelumnya, yakni di Kecamatan Serpong, dilakukan secara terpisah.

“Untuk memastikan efesiensi maka dibarengkan saja. Tahun ini pelaksanaan MTQ umum dan pelajar dijadikan satu, tidak terpisah seperti tahun sebelumnya. Supaya lebih efisiensi pembiayaan,” ucap Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tangsel itu.

Setelah melalui beberapa cabang yang dilombakan untuk setiap kafilah dari 7 kecamatan, Kecamatan Pamulang berhasil meraih Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX Tingkat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tahun 2018. Juara umum yang diraih oleh Kecamatan Pamulang ini adalah untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Kecamatan Pamulang menjadi juara umum dengan nilai 171 yang diumumkan pada malam penutupan MTQ IX & MTQ Pelajar V Tingkat Kota Tangsel di Lapangan Kecamatan Pamulang, pada Kamis (20/9/2018) malam.

Selanjutnya, Juara 2 diraih kecamatan Pondok Aren dengan nilai 79, dan juara 3 diraih kecamatan Serong dengan nilai 75. Urutan 4, 5, 6, dan 7, masing-masing diraih oleh kecamatan Ciputat Timur, Serpong Utara, Setu, dan Ciputat. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *