Dua Dosen STAIDA Hadiri Kongres Umat Islam Indonesia di Babel

oleh

Monitor, Jakarta – Dua dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Darunnajah (STAIDA) Jakarta, atas nama Prof. Dr. Huzaemah Tahido Yanggo, MA pengampu materi fiqh kontemporer pada prodi hukum keluarga Islam (HKI) dan Muhammad Irfanudin Kurniawan, M.Ag, pengampu materi ilmu kalam pada prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), menghadiri undangan Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Pusat (DP MUI Pusat) dalam kegiatan Kongres Umat Islam Indonesia VII Tahun 2020 (KUII VII 2020) pada Rabu-Sabtu, 26-29 Februari 2020 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Prof. Dr. Huzaemah Tahido Yanggo, MA merupakan wanita pertama dari Indonesia yang mendapatkan gelar doktor dengan predikat cumlaude, pada konsentrasi Fikih Perbandingan Mazhab dari Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Prof. Huzaemah merupakan anggota Komisi Fatwa MUI, selain itu ia juga penggerak sejumlah LSM wanita yang mengantarkannya mendapat penghargaan sebagai tokoh peningkatan peranan wanita.
Ia merupakan dosen senior di sekolah tinggi Agama Islam Darunnajah Jakarta dan telah bergabung di sekolah tinggi ini dari tahun 1986, yang asalnya bernama sekolah tinggi ilmu syariah Darunnajah (STISDA).

Sedang Muhammad Irfanudin Kurniawan, M.Ag adalah wakil ketua satu bidang akademik yang sedang menyelesaikan studi doktoralnya di University Saint Islam Malaysia (USIM).

Dalam Kongres Umat Islam Indonesia KUII VII 2020 yang bertujuan mewujudkan kualitas umat terbaik (khaira ummah) dalam lima gatra, yaitu aspek politik, ekonomi, hukum, pendidikan-kebudayaan, dan kehidupan beragama dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan dunia sebagai manifestasi dari Islam Wasathiyah dan rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil ‘alamiin).

Keduanya berdiskusi dan bertukar pikiran terutama bagaimana cara agar tujuan KUII VII 2020 ini bisa dicapai dalam cakupan yang makro, yaitu dalam ranah kehidupan kampus sekolah tinggi Agama Islam Darunnajah Jakarta. (mt02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *