Duh ! Bertahun-tahun Drainase Jalan Aria Putra Dibiarkan Rusak, Ini Penjelasan DPU Tangsel

oleh -
Akibat drainase yang gak berfungsi secara maksimal, air got berwarna hitam menggenangi bahu jalan di jalan Aria Putra, Ciputat Kota Tangsel. (Foto Dok. Monitortangerang.com)

Monitor, Tangsel – Kondisi saluran air atau drainase di jalan Aria Putra, Ciputat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah banyak dikeluhkan karena sudah rusak bertahun-tahun dan tidak berfungsi secara maksimal.

Bahkan, di beberapa titik air got yang berwarna hitam dan bau tak sedap dari dalam drainase tersebut meluber ke bahu jalan. Apalagi jika turun hujan, air akan dengan cepat menggenangi jalanan tersebut.

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel pun buka suara soal kondisi drainase yang memprihatinkan tersebut. Namun, pihak DPU Tangsel menyebut bahwa drainase di Jalan Aria Putra kewenangannya  ada di Provinsi Banten, sehingga pihaknya mengaku tidak bisa berbuat banyak.

“Itu kewenangannya ada di Provinsi Banten, kami pun sudah berkirim surat ke Pemprov Banten agar segera dilakukan pembangunan saluran airnya,” ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota  Tangsel, Eka Pribawa Achirudin, kepada Monitortangerang.com, Selasa (18/1/2022).

Menurut Eka, pihaknya sudah mengirimkan surat yang berisi permohonan untuk pembangunan saluran drainase jalan Aria Putra ke Pemprov Banten pada tanggal 3 November 2021 lalu saat dirinya masih menjabat di Bidang Drainase dan Pedestrian DPU Tangsel.  “Tugas kita untuk koordinasi sudah dilakukan, boleh dicek kok. Jadi bukannya kita lepas tangan,” tandas Eka.

Eka juga menyebut dirinya sempat mendapatkan aspirasi langsung dari warga yang meminta agar ada perbaikan drainase di jalan Aria Putra.  “Waktu itu kita lagi bikin (drainase) di jalan Merpati, ada warga datang turun dari kendaraan bilang ke saya, pak abis Merpati,  Aria Putra ya pak diberesian,” kata Eka menirukan ucapan warga.

Baca Juga : Menjijikan! Air Got Berwarna Hitam Dibiarkan Meluber ke Jalan, Kemana DPU Tangsel?

Ditanya soal kemana seharusnya aliran air agar tidak selalu menggenangi jalanan tersebut, Eka mengatakan bahwa,  sebenarnya sudah ada saluran besar yang akan menghubungkan ke kali pembuang yang lokasinya persis di belakang apartemen Tanah Tingal yang baru mau dibangun.

“Disini kan ada rencana pembangunan apartemen Tanah Tingal. Disitu ada saluran besar dan di belakangnya ada kali pembuang. Cuma memang melewati tanahnya dia (apartemen) ,” ujarnya.

Karena itu,pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Apartemen dan mewajibkan pihak apartemen memperbesar saluran existing dan menyediakan tendon-tandon penampung air sendiri. “Kewajiban (apartemen), satu memperbesar saluran existing, kedua menyediakan tendon-tandon. Jadi dia (apartemen) gak boleh membebani saluran existing karena bebannya sudah berat,” katanya.

Sebelumnya, seorang warga mengeluhkan kondisi drainase atau saluran air di jalan Aria Putra yang sudah lama dalam kondisi rusak dan dangkal. Akibatnya, air got yang berwarna hitam dan bau meluber ke bahu jalan. “Jangankan lagi hujan, lagi terang aja air got nya udah meluber ke jalan. Soalnya got nya udah dipenuhi lumpur. Dan sudah lama juga rusak, udah tahunan kayak begini kondisinya,” ungkap warga tersebut yang tidak mau menyebutkan namanya di lokasi, Senin (17/1/2022).

Berdasarkan pantauan Monitortangerang.com, memang ada beberapa titik di jalan Aria Putra yang digenangi air got yang berwarna hitam dan bau, seperti terlihat di depan SPBU dan depan Sekolah Dwi Putra. (mt01/3)

Tinggalkan Balasan