Fachrudin Zuhri : FKUB Tangsel Garda Terdepan Penjaga Kerukunan Umat

oleh -
Ketua FKUB Tangsel, H.Fachrudin Zuhri

Monitor, Tangsel-   Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama(FKUB) Kota Tangerang Selatan(Tangsel) periode 2019-2024 sebagai garda terdepan penjaga kerukunan kini bernafas lega dan bisa bekerja maksimal pasca pelantikan oleh Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, Jumat (10/07/2020)sebagaimana tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) FKUB yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi pemerintah dalam rangka membangun, memelihara dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan.

Ketua FKUB Tangsel, H. Fachrudin Zuhri  kepada Monitor Tangerang menjelaskan bahwa FKUB sebagai organisasi keagamaan merupakan salah satu institusi yang menerjemahkan ikhtiar agar persatuan tetap terjaga dan berkembang dengan baik.

“Perbedaan latar belakang itu bawaan, tapi persatuan kebersamaan kerukunan itu hasil usaha. Inilah yang akan kita lakukan dengan kepengurusan yang baru,” kata Fachrudin, Senin(13/07/2020).

Keunikan Tangerang Selatan sambung Fachrudin,  bukan hanya terlihat dari keberagamannya saja, tetapi ada upaya untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bersama- sama dalam membangun Kota Tangsel.

Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama(FKUB) Kota Tangerang Selatan(Tangsel) periode 2019-2024 sebagai garda terdepan penjaga kerukunan kini bernafas lega dan bisa bekerja maksimal pasca pelantikan oleh Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, Jumat( 10/07/2020)

“Keberagaman merupakan bawaan yang tak mungkin dihindari. Kita terlahir dan besar berasal dari berbagai identitas, tetapi kalau kita bersatu tanpa melihat dari sisi perbedaan agama maka apapun permasalahan semakin ringan untuk dipikul dengan kebersaman,” ujarnya.

Pada periode sebelumnya tambah Fachrudin, FKUB Tangsel terus berupaya membangun komunikasi dan interaksi di tengah-tengah masyarakat. Ini dilakukan supaya tercipta kepercayaan semua unsur agama yang ada di Tangsel.

“Setelah Pengurus FKUB periode  2019 – 2024 dilantik oleh Ibu Walikota Airin,  kami seluruh yang ada didalamnya bersepakat dan berkumpul dalam organisasi untuk tujuan mulia, yaitu membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk mewujudkan kerukunan dan kesejahteraan umat beragama,” tuturnya.

Untuk diketahui, kata Fachrudin didalam FKUB terdiri dari berbagai unsur agama, yaitu Islam, Nasrani, Budha, Hindu dan Khonghucu. Oleh karenanya, FKUB harus bisa menjadi garda terdepan dalam menjaga kerukunan umat beragama.

Mengenal Dekat Sosok Ketua FKUB Tangsel

Ketua FKUB Tangsel, Fachrudin Zuhri banyak dikenal dengan sapaan Bang FZ. Sosok yang pernah menjadi aktivis Cipasera ini, juga pernah berkecimpung dalam organisasi Pers HIPSI (Himpunan Insan PERS Seluruh Indonesia).

Selain menjadi aktivis, Fachrudin juga seorang akademisi yang pernah menduduki posisi sebagai Kepala Humas, Pudek III dan Purek III di  salah satu Perguruan Tinggi Swasta terkenal di Jakarta.

Selaku penggiat kerukunan, sebelumnya dia menjabat sebagai

Sekretaris FKUB Tangsel. Dan dirinya juga termasuk salah satu Tim Perumus Motto Tangerang Selatan,  Cerdas, Modern, Religius. Dimana kata Religius inilah yang harus diimplementasikan dan dikawal melalui organisasi FKUB sehingga tercipta kerukunan antar umat beragama khususnya di Kota Tangerang Selatan.

Sosoknya sebagai pekerja keras tanpa kenal lelah, Fachrudin terus membina hubungan baik antar umat beragama selama menjadi sekretaris FKUB Tangsel. Atas kiprahnya yang sangat konsisten tersebut, akhirnya  majelis – majelis ke-agamaan yang ada di Kota Tangsel memintanya untuk  menjadi Ketua FKUB, sehingga terpilih untuk masa bakti 2019-2024.(mt01)

Tinggalkan Balasan