FKPC Bersama Karang Taruna Gelar Silaturahim Lintas Generasi

oleh -

Monitor, Bogor – Forum Komunikasi Perantau Cikoneng (FKPC) Kabupaten Kuningan bersama Karang Taruna Geger Beas Kp. Cikoneng Desa Pamulihan Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan menggelar acara silaturahim lintas generasi bertempat di kediaman salah satu anggota FKPC di Gunung Sindur, Bogor, Minggu (7/11/2021).

Acara silaturahim tersebut dihadiri puluhan perantau yang berdomisili di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (JABODETABEK).  Kegiatan ini juga diselingi acara arisan keluarga anggota FKPC.

Ketua FKPC, Sutarda menjelaskan, tujuan acara ini digelar untuk membangun tali silaturahim antar perantau Cikoneng yang bekerja atau melakukan usaha di sekitar JABODETABEK. “Selain untuk membangun tali silaturahim, acara ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kebersamaan dan ikatan persaudaraan diantara sesama perantau Cikoneng,” ujar Sutarda.

Pada kesempatan itu, Sutarda juga mengajak para perantau yang belum bergabung di FKPC untuk bersama-sama menjadi bagian dalam membesarkan organisasi FKPC kedepannya. “Saya berharap kepada perantau yang belum bergabung, khususnya yang muda-muda mari bergabung di FKPC. Insya Allah  banyak manfaatnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Geger Beas Kp. Cikoneng, Nur Yadi mengaku senang bisa bersilaturahim dengan para perantau Cikoneng. Ia juga tak segan memberikan apresiasinya kepada para perantau khsususnya yang tergabung di FKPC yang sudah bersama-sama membantu setiap kegiatan sosial masyarakat di Kp. Cikoneng.

Selain itu, Ketua Karang Taruna juga berharap kepada para perantau untuk bersama-sama bergandengan tangan dengan Karang Taruna dalam memajukan kehidupan sosial masyarakat di Kp Cikoneng. “Saya mohon bantuan dari para perantau, mari bergandengan tangan bersama-sama Karang Taruna untuk membantu,  mendorong dan memajukan kehidupan sosial masyarakat di Kp. Cikoneng,” harapnya.

Untuk diketahui, sejarah terbentuknya FKPC bermula karena adanya pemikiran dari beberapa perantau yang merasa butuh sebuah wadah untuk bersilaturahim. Atas dasar itulah, kemudian sejumlah perantau pun membentuk organisasi FKPC (Forum Komunikasi Perantau Cikoneng). Dan untuk melengkapinya kemudian dibuatlah arisan keluarga sesama anggota FKPC yang sudah berjalan selama kurang lebih 7 tahun hingga saat ini.

Selain aktivitas arisan keluarga, FKPC juga lantas dijadikan sarana sosial untuk membantu setiap kegiatan sosial kemasyarakatan. Sudah banyak yang sudah dilakukan FKPC dalam turut memberikan sumbangsihnya, diantaranya beberapa kali berhasil mengkoordinir dan menyalurkan bantuan sosial untuk orang-orang yang membutuhkan.

Teranyar, FKPC juga berhasil mengkoordinir dana sumbangan untuk membantu pembangunan Masjid Nurul Iman di Kp. Cikoneng yang saat ini sedang dilakukan renovasi besar-besaran. Sejauh ini, FKPC sudah berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 12 juta yang dikumpulkan dari urunan para anggota FKPC. Dana tersebut oleh pengurus FKPC sudah disalurkan langsung ke Panitia Pembangunan Masjid Nurul Iman. (mt03)

Tinggalkan Balasan