Gempa Bumi Juga Terjadi di Bekasi, Masyarakat Diminta Tetap Tenang

oleh -
Foto istimewa

Monitor, Tangsel – Setelah terjadi gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6.6 yang berpusat di Sumur Banten pada Jumat sore (14/1/2922), gempa bumi juga ternyata terjadi di Bekasi, Jawa Barat pada Jumat malamnya pukul 23:33 WIB.

Hasil analisa BMKG, gempa bumi tektonik itu berkekuatan Magnitudo 2.3 dan berpusat di darat pada jarak 3 km Barat Daya Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada kedalaman 8 km.

“Epicenter terletak pada koordinat 6.38 LS dan 107.14 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 3 km Barat Daya Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada kedalaman 8 km,” ungkap Hartanto, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, seperti dikutip dari akun Instagram @Infobmkg, Sabtu pagi (15/1/2022).

Baca Juga : Gempa Magnitudo 6.7 di Banten, Getarannya Terasa Hingga ke Bogor

Menurut Hartanto, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cikarang dan Bekasi.

“Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cikarang dan Bekasi dengan skala Intensitas II MMI,” ujarnya.

Hartanto mengatakan, berdasarkan hasil monitoring BMKG, belum ada gempa susulan di Bekasi. “Hingga pukul 00.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan,” jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia memastikan bahwa informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi yang resmi telah terverifikasi. (mt03)

Tinggalkan Balasan