Hadiri Rakernas Dekopin, Teguh : Provinsi Banten Harus Mengakui Kepemimpinan yang Sah

oleh -
Pembukaan Rakernas Dekopin di Surabaya

Monitor, Banten,- Sekretaris Dekopinwil Banten, Teguh Supriyanto menegaskan, Pemerintah Provinsi Banten harus mengakui kepemimpinan dan kepengurusan Dekopinwil Banten yang sah sesuai Undang-undang.

“Dekopinwil Banten siap bergerak dan Dinas di Provinsi Banten harus mengakui bahwa Asep Rahmatullah dan Sekjen Teguh Supriyanto adalah Dekopinwil yang sesuai uu 25 tahun 92 dan Kepres 6 tahun 2011,” ungkap Tegus saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yang digelar di Hotel Surabaya Suites Hotel, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada 6-8 Oktober 2021.

Untuk diketahui, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, pada Rabu (6/10/21) malam.

Sekretaris Dekopinwil Banten, Teguh Supriyanto foto bersama dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa

Dalam kesempatan itu, Khofifah meminta Dekopin untuk terus mendorong pengembangan koperasi yang sesuai dengan era kikinian, yaitu transformasi digital.

“Upaya tersebut adalah keniscayaan yang suka atau tidak suka harus dilakukan guna menjawab modernisasi koperasi yang saat ini tengah digalakkan oleh pemerintah” kata Khofifah saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekopin, di Surabaya, pada Rabu (6/10/21) malam.

Rakernas yang mengangkat tema Revitalisasi Peran Dekopin Mendorong Digitalisasi Koperasi Di masa Pandemi itu dihadiri sejumlah tamu undangan antara lain Ketua DPRD Provinsi Jatim, Kusnsdi, Anggota DPR RI Komisi VI, Soni T Danaparamita, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.

Acara yang cukup bergengsi tersebut juga dihadiri oleh empat menteri diantaranya, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Dr. (H.C.) H. Suharso Monoarfa, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga S. Uno.

Sedangkan peserta Rakernas yang berlangsung hingga 8 Oktober diikuti sekitar 150 peserta dari 43 anggota pimpinan Dekopin pusat, 29 Dekopinwil selindo dan 30 Dekopinda se Jatim, salah satunya adalah Dekopinwil Banten, yang dipimpin Ketua Dekopinwil Banten Asep Rahmatullah, serta dihadiri oleh Wakil Ketua Marlon Siagian, Sekretaris Teguh Supriyanto, dan Wakil Sekretaris Tuti Alawiyah.

Ketua Umum Dekopin Sri Untari Bisowarno menegaskan bahwa faktor penting penguat koperasi adalah kebersamaan.

“Rakernas ini dapat kami gelar secara swadaya tanpa menggunakan dana APBN karena insan perkoperasian semakin sadar bahwa kemandirian merupakan faktor kunci agar koperasi dapat tumbuh sejajar korporasi,” ujarnya.

Sri Untari juga mengapresiasi semangat para peserta yang hadir dari berbagai provinsi dengan menggunakan dana pribadi.

“Saya berharap semangat yang positif itu dapat mewarnai aktivitas Dekopin ke depan, sehingga keberadaan Dekopin dapat dirasakan oleh segenap anggotanya,” ucapnya. (mt02).

Tinggalkan Balasan