Hindari Kerumunan Ditengah Pandemi, Begini Cara Karang Taruna Desa Kebon Cau Meriahkan HUT RI ke-76

oleh -
Tim juri saat melakukan penilaian lomba lingkungan di Desa Kebon Cau

Monitor, Kabupaten,- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 masih diselimputi susana pandemi Covid-19. Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah terus mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan kegiatan yang dapat mengundang kerumunan.

Namun demikian, perayaan HUT RI harus menjadi semangat bagi seluruh komponen bangsa khususnya para pemuda untuk terus berkarya dan berinovasi untuk membangkitkan semangat masyarakat ditengah pendemi dan membangun daerah menjadi lebih baik lagi.

Untuk itu, Karang Taruna Desa Kebon Cau, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, yang memiliki motivasi memajukan daerah, memaknai hari kemerdekaan dengan kegiatan sosial yakni dengan menggelar perlombaan menata lingkungan yang diikuti oleh seluruh masyarakat mulai dari tingkat Rukun Tetangga (RT) hingga Rukun Warga (RW) yang ada di Desa Kebon Cau.

“Lomba lingkungan dalam rangka HUT RI ke-76 ini, selain menghindari kegiatan yang mengundang kerumunan juga untuk memotivasi masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan disekitar,” kata Ketua Karang Taruna Desa Kebon Cau, Diki Andrianto, Selasa (17/8/21).

 

Ia menjelaskan, lomba lingkungan tersebut meliputi keindahan, kebersihan dan kreativitas masyarakat dalam menyambut HUT RI ke-76 ini.

“Sistem penilaiannya kami serahkan kepada juri yang menilai langsung di masing-masing RW. Untuk kompenen yang dinilai diantaranya papan petujuk jalan, gapura HUT RI, kebersihan, keindahan dan kreativitas masyarakat dalam merawat dan menjaga lingkungannya,” ungkap Diki.

Wakil Ketua Karang Taruna Kecamatan Teluknaga, Nur Jaidin yang terjun langsung menjadi juri dalam lomba lingkungan yang digelar oleh Karang Taruna Desa Kebon Cau mengungkapkan, ada bebarapa wilayah di Desa Kebon Cau yang masyarakatnya sangat kreatif.

“Dari pantauan kami dibeberapa RW yang ada di Desa Kebon Cau sudah cukup lumayan dan sangat kreatif, ada beberapa yang sudah memasang papan petujuk jalan, gapura HUT RI ke-76 bahkan ada yang kreatif menata lingkungannya dengan seni mural diatas jalan dan mengecat warna warni pagar disepanjang jalan lingkungan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Kebon Cau, Ahmad Nur mengapresiasi semangat dan kinerja Karang Taruna di desanya itu.

Menurutnya, Karang Taruna yang sebagaian besarnya beranggotakan pemuda, menjadi garda terdepan dalam pembanguan desa.

“Saya sangat bangga, apa yang saya cita-citakan dapat disepon cepat dan diwujudkan oleh Karang Taruna Desa Kebon Cau,” kata Ahmad Nur.

Ia pun berharap, Karang Taruna Desa Kebon Cau dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Desa dan dapat berinovasi untuk terus membangun daerah.

“Atas nama Kepala Desa Kebon Cau, saya sangat mendukung Karang Taruna untuk terus bergerak melakukan kegiatan-kegiatan positif yang bermaanfaat bagi masyarakat, apalagi dimasa pandemi seperti ini,” pungkasnya. (mt02)

Tinggalkan Balasan