Hindari Pemalsuan Kartu Jaminan Kesehatan,Dinkes Tangsel Sarankan Warga Cek ke Kantor BPJS

oleh
Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Suharno

SERPONG,MT-Demi menghindari pemalsuan kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang kini marak. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel Suharno  menjelaskan jika sejauh ini kartu BPJS palsu di Tangsel belum ditemukan. Jika ada, Kadis menyarankan agar warga segera melaporkan kepada kantor BPJS atau Puskemas terdekat.

“Hingga kini belum ada laporan BPJS palsu. Kami sarankan apabila menemukan kartu BPJS palsu segera laporkan,” katanya di Serpong, Rabu (27/7/2016).

Dengan beredarnya BPJS palsu, Dinkes Tangsel kini mengeluarkan kebijakan baru. Kebijakan itu di lakukan untuk memastikan proses pembuatan BPJS melalui Puskemas terdekat hingga ke kantor BPJS.

“Kita pastikan proses pembuatan BPJS di Puskemas agar data-data pasien sampai ke kantor BPJS,” ujarnya.

Menurutnya, seluruh puskemas telah mendapatkan imbauan dari Dinkes Tangsel supaya lebih waspada dan berhati-hati. Termasuk berkordinasi dengan Kantor BPJS agar sama-sama mengawal proses pembuatan kartu BPJS.

“Kami juga melakukan komunikasi secara intens agar melakukan pengawasan lebih intens,” tambahnya.

Lanjut Suharno, warga dapat mengecek langsung ke kantor BPJS untuk memastikan data-data lengkap. apakah terdata di kantor BPJS atau tidak.

“Kalau asli datanya ada di kantor BPJS kalau palsu datanya tidak tertera di kantor BPJS. Masyarakat bisa mengecek langsung ke kantor BPJS untuk memastikan BPJS nya,” beber Suharno.

Ia pun memastikan akan ada tindakan hukum apabila ada pihak-pihak yang memalsukan kartu BPJS. Setidaknya, Suharno menyebutkan pihak-pihak pembuat kartu BPJS palsu itu akan berurusan dengan pihak kepolisian lantaran jelas melakukan penipuan.

“Kami serahkan kepada polisi. Karena itu sudah penipuan. Itu jelas ancaman hukumnya,” tambahnya.(mt02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *