Hujan Deras di Tangsel jadi Penyebab Banjir dan Tanah Longsor

oleh

TANGSEL, MT – Hujan deras yang terjadi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Selasa(4/10/2016) kemarin, tak hanya menyebabkan kawasan Kampung Bulak, Pondok Kacang Timur, Kecamatan Pondok Aren kembali tergenang akibat rembesan air dari anak Kali Angke. Di perumahan Pondok Pucung Indah (PPI) ll, Kelurahan Pondok Pucung, juga terjadi tanah longsor.

Longsor yang terjadi disisi kanan perumahan PPI II tepatnya di RT 03/07 itu, diduga lantaran kondisi tanah yang sudah mulai labil lantaran termakan usia. Beruntung, tidak ada korban jiwa akibat longsor yang terjadi berbarengan dengan hujan deras di kawasan tersebut.

Pihak Dinas DBMSDA Kota Tangsel langsung tanggap dengan kejadian tersebut kemudian menurunkan puluhan petugas untuk melakukan evakuasi sisa material yang berasal dari longsoran tersebut.

“Begitu dapat Informasi dari masyarakat kami langsung turun ke lokasi, untuk menyingkirkan bekas longsoran,” kata sala seorang pegawai DBMSDA Tangsel di lokasi.

Menurutnya, penyebab longsor karena kondisi tanah labil akibat hujan deras dan penahan turap sudah tidak kuat menahan beban.

“Hujannya juga cukup deras ditambah kondisi turap yang sudah tidak memadai, tapi beruntung tidak ada korban,” ungkapnya lagi.

Kabid SDA Kota Tangsel Ade Suprijal mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan perbaikan terhadap

“Untuk sementara karna itu akses jalan warga, jadi kita bersihkan terlebih dahulu tanah yang menutupi jalan agar bisa dilintasi warga. Besok pagi kita mulai turunkan alat berat sekaligus pemasangan bronjong,” singkat Ade. (mt02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *