Kabid Bina SMP : SIMADASI Terobosan Baru Perbaikan Tatakelola Sistem Pendidikan di Tangsel

oleh -
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Drs Taryono, M.Si bersama Kepala Bidang Pembinaan SMP, Muslim Nur, S.Pd saat menyosialisasikan Aplikasi SIMADASI (foto : tangkapan layar)

Monitor, Tangsel- Seiring perkembangan teknologi digital saat ini, DinasPendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Bidang Pembinaan SMP melakukan sebuah terobosan baru dengan meluncurkan Aplikasi Simadasi (Sistem Informasi Manajemen Data Sekokah Terintegrasi).

Aplikasi Simadasi itu dibuat, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik khususnya di bidang pendidikan mengingat situasi dan kondisi di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Masyarakat tentunya sangat membutuhkan informasi yang mudah, lengkap, akurat, cepat, valid dan up to date sejumlah sekolah yang ada di Tangsel sebagai bahan referensi mereka untuk mendaftarkan putra-putrinya ke sekolah tersebut.

Kepala Bidang SMP pada Dindikbud Kota Tangsel, Muslim menjelaskan bahwa aplikasi Simadasi merupakan aplikasi untuk mencari solusi permasalahan pengolahan data yang masih manual dan belum terintegrasi.

Selain itu diungkapkan, aplikasi ini dibuat sebagai langkah untuk mendapatkan data sekolah yang mudah, lengkap, akurat, cepat, valid dan up to date di Kota Tangsel.

“Dengan aplikasi ini masyarakat dapat dengan mudah mencari informasi tentang persekolahan di Kota Tangerang Selatan,” kata Muslim kepada monitortangerang.com,Selasa(8/6/2021).

Dikatakan Muslim, sejak 28 Mei 2021 hingga  Juni ini, aplikasi Simadasi terus disosialisasikan bersamaan dengan sosialisasi pelaksanaan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru).

Dia berharap dengan  adanya aplikasi Simadasi dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah maupun di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel.

Terobosan baru yang dilakukan Bidang Pembinaan SMP tersebut juga mendapatkan dukungnan penuh dari Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono. Dalam video  berdurasi pendek yang diterima redaksi monitortangerang.com, Kadis memberkan  apresiasi dan dukungannya terhadap terbosan Kepala Bidang Pembinaan SMP DindikbudTangsel.

“Saya mendukung  sepenuhnya aksi perubahan lewat  Simadasi dari Kepala Bidang Pembinaan SMP, Bapak Muslim. Simadasi sangat penting untuk memperbaiki dan meningkatkan tatakelola Dindikbud Tangsel dalam rangka memperbaiki tatakelola sistem pendidikan,” ujar Kadis. (ris/mt01)

Tinggalkan Balasan