Kader Karang Taruna Ikut Nyalon Kades, Hasan PM : Harus Didukung dan Dimenangkan

oleh -
Ketua Karang Taruna Kabupaten Tangerang, Hasan PM

Monitor, Kabupaten,- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tangerang bakal di gelar pada Minggu, (10/10/21) besok.

Pilkades yang sempat diundur beberapa kali lantaran kasus covid-19 yang tinggi pada Juli-Agustus itu, juga diikuti oleh sejumlah kader Karang Taruna yang ikut mencalon diri sebagai Kepala Desa di beberapa wilayah diantaranya H.Aenillah yang merupakan pengurus aktif Karang Taruna Kabupaten Tangerang.

Sedianya, H.Aenillah tercatat sebagai calon Kepala Desa Cibetok, Kecamatan Gunung Kaler, Kabupaten Tangerang.

Menanggapi kadernya duduk sebagai calon Kades, Ketua Karang Taruna Kabupaten Tangerang, Hasan PM justru berharap kepada seluruh kader Karang Taruna di Kabupaten Tangerang untuk support dan medoakan para calon Kepala Desa yang berasal dari Karang Taruna agar dapat terpilih menjadi kepala desa yang amanah serta bisa di banggakan untuk mengayomi warganya.

“Kader kita banyak tersebar di desa-desa, calon Kepala Desa yang juga pengurus aktif Karang Taruna harus didukung dan dimenangkan,” ujar Hasan kepada wartawan, Jumat (8/10).

Menurutnya, hajat Pilkades ini merupakan hajat masyarakat desa. Oeh karena itu, masyarakat desa harus menjaga kondusifitas dan ketertiban jalannya Pilkades.

“Masyarakat desa tidak boleh terprovokasi jika ada pihak-pihak yang berusaha memperkeruh suasana, Karang Taruna meminta seluruh kader di desa-desa agar turut menjaga ketertiban Pilkades,” tegas Hasan PM untuk seluruh kader Karang Taruna.

Karang Taruna dalam Pilkades, jelas Hasan PM, memiliki peran penting, salah satunya adalah menyatukan warga yang berselisih dalam perbedaan pilihan dan pandangan.

“Prinsip kami, menjaga kesetiakawanan sosial adalah cara menyatukan pihak-pihak yang berselisih. Kami akan buat suasana Pilkades menjadi suasana damai,” ungkap Hasan PM.

Hasan PM juga berpesan kepada seluruh kader Karang Taruna dari tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan serta sub yunit tingkat Rt dan Rw, agar selalu menjaga tiga kebiasaan baru yaitu, Penerapan Prokes, Tuntas Vaksinasi serta Pola hidup disiplin dan sehat.

“Karang Taruna harus menjadi Agent of Socialism, yaitu kelompok sadar akan pentingnya kedisiplinan penerapan prokes. Lima fungsi Karang Taruna dalam New Normal adalah turut menasialisasikan kepada masyarakat; turut melakukan pemetaan daerah rawan pemula atau potensi munculnya kembali kasus COVID 19; turut mensinkronkan tujuan pemerintah terhadap penanggulangan kasus C-19; turut mengajak masyarakat melaksanakan pola hidup sehat; dan turut menjaga kepercayaan publik terhadap upaya pemerintah dalam menangani COVID19,” paparnya.

“Peran Pokok karang taruna C-19 adalah, melindungi masyarakat dari rasa takut, khawatir dan penyebaran C19; menjaga sterilisasi kawasan pemukiman dan tempat2 umum; melakukan edukasi publik bahaya C19 dan dampaknya dan mengkoordinasikan kepada pemerintah akan kebutuhan2 masyarakat terdampak,” tambah Hasan PM.

Sementara, Wakil Ketua Karang Taruna Provinsi Banten, Maksis Sakhabi saat dimintai tanggapannya mengatakan, peranan Karang Taruna dalam Pilkades menjadi penting lantaran adanya hubungan hirarkis antara Pemerintahan Desa dengan Karang Taruna Desa.

“Karang Taruna harus ambil bagian dalam Pilkades, salah satunya adalah mensukseskan pelaksanaan Pilkades, karena Kepala Desa terpilih nanti akan menjadi Pembina dalam struktur di tingkat desa,” Kata Maksis Sakhabi yang juga putera daerah Kabupaten Tangerang.

Diketahui, Pilkades serentak di Kabupaten Tangerang akan diikuti oleh 77 Desa di 26 Kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Dari nama-nama kader Karang Taruna yang akan mengikuti perhelatan Pilkades tersebut, diantaranya H.Aenillah (calon Kepala Desa Cibetok, Kecamatan Gunung Kaler), Sadidul Milad pengurus Karang Taruna Kabupaten (calon Kades Dangder Kecamatan Kresek),H.agus Sutaryo SE Ketua Karang Taruna Kecamatan Jayanti (calon Kades Dangder Kecamatan Jayanti), Muhamad Hamdani Solihin Wakil Ketua Karang Taruna Kecamatan Sindang Jaya (calon Kades Wanakerta Kecamatan Sindang Jaya).

Haerudin Ketua Karang Tarang Taruna Desa Kwronjo (calon Kades Keronjo Kecamatan Kronjo), Marda pengurus Karang Taruna Mekarsari (calon Kades Mekarsari Kecamatan Rajeg), Mimit Sumitro Ketua Karang Taruna Desa Malang Nengah (calon Kades Malang Nengah Kecamnatan Kronjo), HA Kunaefi Sip (calon Kades Cihuni Kecamatan Pagedangan). (mt/02)

Tinggalkan Balasan