Komitmen Majukan UMKM, Kota Tangsel Terima Penghargaan Natamukti

oleh
Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany saat menerima penghargaan penghargaan Natamukti dari Kementerian Koperasi dan UKM. (foto: ist)

Monitor, Tangsel – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meraih penghargaan Natamukti dari Kementerian Koperasi dan UKM yang bekerja sama dengan International Council For Small Business (ICSB) Indonesia, dalam kegiatan Galang UMKM Indonesia 2019, Senin (7/10/2019).

Penghargaan ini diberikan kepada Pemkot Tangsel karena dinilai telah berhasil dalam mempromosikan UMKM lokal serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen memajukan UMKM. Diantaranya, melalui peningkatan terhadap akses permodalan, pembinaan manajemen dan fasilitas promosi.

“Karena UMKM menjadi sektor yang mendorong laju pertumbuhan ekonomi daerah dan mampu menyerap tenaga kerja,” ujar Airin.

“Upaya yang dilakukan Pemkot Tangsel antara lain melalui peningkatan terhadap akses permodalan, pembinaan manajemen dan fasilitas promosi,” imbuhnya.

Sementara itu, Founder & Chairman MarkPlus, Inc. yang juga Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya, menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan kerja sama Kementerian Koperasi dan ICSB yang dibentuk menjadi tiga kategori.

Untuk Natamukti Ganapravana merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemenang Natamukti Nindya yang telah menunjukkan kinerja bagus di tahun berikutnya.

Atau dengan kata lain, mereka adalah yang sudah pernah meraih Natamukti Nindya dan hingga kini terus menunjukan kinerja positif dalam memajukan UMKM di daerahnya.

Sedangkan Natamukti Nindya sendiri merupakan penghargaan tertinggi dari Natamukti. Di mana Kota/Kabupaten peraih Natamukti Nindya yang terbaik dari yang terbaik dari semua peraih Natamukti.

“Penerimaan penghargaan Natamukti ini dilakukan melalui proses panjang. Dimulai dari riset yang dilakukan tim ICSB dari berbagai daerah yang kemudian diverifikasi di lapangan oleh tim ahli ICSB mengacu pada model Natamukti yaitu bagaimana melakukan pengembangan UMKM yang terpercaya, terdepan dan teratur,” jelas Hermawan.

Selain Kota Tangsel, beberapa kota lain yang juga mendapatkan penghargaan di antaranya yakni Balikpapan, Bandung, Bengkulu, Jakarta Timur, Jambi, Malang, Medan, Padang, Pontianak.

Sedangkan untuk Kabupaten yakni Bojonegoro, Deli Serdang, Karanganyar, Kulon Progo, Lamongan, Pasuruan, Pekalongan,Purwakarta, Serang, Siak, Subang, Trenggalek.(mt02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *