Korsel Dukung Penuh Pengembangan Smesco Tangsel

oleh -
photo : ilustrasi

TANGSEL, MT-Tangerang Selatan Global Inovation Forum (TGIF)-World Technopolis Asociation (WTA) di Puspiptek, Serpong banyak memberikan peluang bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Salah satu delegasi dari Korea Selatan yakni Walikota Daejeon, Ryu Soon Hyun bakal mendukung penuh pengembangan Small and Medium Enterprises and Cooperatives (Smesco) Tangsel

Dukungan tersebut, diungkapkan Walikota Ryu saat dirinya bersama sejumlah rombongan meninjau lokasi Smesco yang berada di Jalan Pahlawan Seribu tak jauh dari Simpang Cilenggang, Serpong.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangsel, Warman Syanudin mengungkapkan bahwa dukungan Walikota Daejeon untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UKM menjadi kebanggan bagi Tangsel.

“Kami bersama Pak Wakil Walikota dan rombongan Walikota Daejeon meninjau lokasi Smesco. Ini bagi kami satu penghormatan yang tidak pernah diperkirakan sebelumnya,” kata Warman kepada wartawan, Kamis (22/9/2016).

Dijelaskan Warman, pada kunjungan tersebut Walikota Daejeon juga mengapresiasi rencana tersebut. Sebab Smesco merupakan sebuah wadah untuk pengembangan ekonomi kreatif masyarakat.

“Mereka sangat mengapresiasi rencana Tangsel akan membangun Smesco setinggi sepuluh lantai.

Menurutnya, dengan hadirnya WTA bukan hanya ajang berkumpul saja tapi bagaimana potensi yang ada dapat dikembangkan,” tuturnya.

Warman mengatakan sebelum gedung  Smesco jadi, Daejeon akan memberikan bantuan pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan hasil produk UKM Tangsel.

“Mereka akan membantu pembinaan kepada para UKM di Tangsel yang mau bergabung, nantinya mereka akan menempati lantai dua dalam memamerkan produk UKM nya di Gedung Smesco,” ungkapnya.

Diketahui, pembangunan Gedung Smesco yang direncanakan bakal di garap pada akhir 2017 hingga pertengahan 2018 itu, diperkirakan bakal menelan anggaran Rp,60 miliar.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie menjelaskan kerjasama dengan Kota Daejeon, dipastikan akan terus berlanjut. Menurutnya, Tangsel sangat beruntung dapat bekerjasama karena Kota Daejeon salah satu kota di dunia yang menerapkan konsep kota modern.

Terlebih, kata Bang Ben, Penataan kota dan pengembangan ekonomi di negeri ginseng tersebut saat ini begitu maju.

“Kami sangat berharap Tangsel mampu melesat lebih jauh seperti kota-kota di mancanegara. Kita butuh kerjasama dengan Daejeon supaya Tangsel berkembang lebih cepat,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya Smesco nantinya akan menjadi simbol bahwa pertumbuhan ekonomi kreatif di Tangsel semakin baik. Smesco bukan hanya tempat penjualan produk UKM saja akan tetapi didalamnya ada pelatihan-pelatihan kewerausahaan dan pelatihan sentra-sentra produk.

“Pemerintah harus membina, memberikan fasilitas kepada para UKM supaya mereka menjadi pelaku usaha berkelas dunia,” tambahnya.

Jika nanti Smesco berdiri, Bang Ben meyakini pertumbuhan ekonomi kerakyatan akan meningkat tajam. Sebab, banyak masyarakat tertarik untuk membuka usaha sendiri dan menemukan produk-produk baru yang dapat dipasarkan baik lokal, nasional hingga internsional.

“Jika hal ini kita garap dengan serius, akan menjadi peluang yang sangat besar bagi pelaku UKM di Tangsel,” tutupnya. (mt02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *