Lagi, Baznas Kabupaten Tangerang Akan Bedah Dua Rumah Tidak Layak Huni di Teluknaga

oleh -
Tim Baznas Kabupaten Tangerang saat melakukan survei kondisi rumah tidak layak huni di Desa Kebon Cau

Monitor, Kabupaten,- Dalam rangka program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang yaitu program Gerakan Bersama Masyarakat Mengatasi Kawasan Kumuh dan Miskin (Gebrak Pakumis) plus di 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tangerang, kembali akan membedah rumah tidak layak huni.

Kali ini, Baznas Kabupaten Tangerang membedah dua rumah di wilayah Kecamatan Teluknaga, yakni rumah milik Tini warga Kampung Alang Besar Rt 018/05 Desa Kebon Cau, dan Nurtija di Rt.002/005 Desa Kampung Melayu Timur.

Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Teluknaga, Ahmad Baihaqi mengatakan, Baznas Kabupaten Tangerang melanjutkan kembali program bedah rumah tidak layak huni yang sudah berjalan dari tahun sebelumnya.

Tim Baznas Kabupaten Tangerang saat melakukan survei rumah tidak layak huni di Desa Kampung Melayu Timur

“Pada tahun ini, setiap Kecamatan ada dua rumah yang kami bedah, dengan anggaran satu rumah Rp 25 juta,” kata Baihaqi, usai melakukan survei rumah tidak layak huni di Desa Kebon Cau, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Selasa (21/9/21).

Ia menjelaskan, anggaran bedah rumah tersebut bersumber dari alokasi pengumpulan zakat yang dikumpulkan melalui Baznas Kabupaten Tangerang.

“Alhamdulillah anggaran bedah rumah tersebut dari alokasi pengumpulan zakat melalui Baznas Kabupaten Tangerang,” ujarnya.

Sebelum di bangun, ungkap Baihaqi, terlebih dahulu tim Baznas Kabupaten Tangerang melakukan survei kondisi rumah, setelah itu baru akan dibangun.

“Adapun ketentuan berkas bantuan program bedah rumah adalah, surat permohonan diketahui pihak setempat minimal RT, fotocopy KTP dan KK, SKTM asli, foto rumah, surat rumah dan tanah minimal surat pemberitahuan pajak terutang dan Surat keterangan tanah tidak sengketa dari Kelurahan,” jelasnya.

Deputy Eksekutif Tangerang Utara Community Centre (TCC), Prayogo Ahmad Zaidi menambahkan, program bedah rumah yang dilakasakan Baznas Kabupaten Tangerang sangat membantu pemerintah daerah untuk mengatasi kawasan kumuh dan miskin.

Ia menegaskan, TCC juga akan membantu program bedah rumah yang dilakasanakan oleh Baznas Kabupaten Tangerang.

“TCC siap membantu Baznas Kabupaten Tangerang, dalam program bedah rumah tidak layak huni tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kebon Cau, Ahmad Nur mengucapkan terimakasih atas bantuan Baznas Kabupaten Tangerang dan TCC yang akan membedah rumah tidak layak huni di wilayahnya.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Baznas Kabupaten Tangerang dan Baznas Kecamatan Teluknaga serta TCC yang telah membantu warga kami untuk memiliki rumah layak huni,” ucapnya.

Sedianya, survei kondisi rumah tidak layak huni yang akan di bedah tersebut, dihadiri oleh Wakil Ketua Baznas Kabupaten Tangerang, H Anwar Ardadili, Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Teluknaga, Ahmad Baihaqi, Deputy Eksekutif Tangerang Utara Community Centre (TCC), Prayogo Ahmad Zaidi, Kepala Desa dan tokoh masyarakat. (mt02)

Tinggalkan Balasan