Lakukan Pengabdian, Mahasiswa Ajak Warga Cirompang Semangat Berwirausaha

oleh
Kampung Cirompang, Kelurahan Kademangan Kecamatan Setu Kota Tangsel menjadi salah satu lokasi mahasiswa Unpam melakukan kegiatan pengabdian di masyarakat

Monitor, Setu – Mendapatkan motivasi dan wawasan keilmuan dalam berwirausaha dari kelompok mahasiswa yang sedang melakukan pengabdian di masyarakat, sejumlah warga RT002/003 Kampung Cirompang, Kelurahan Kademangan Kecamatan Setu Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi tambah semangat untuk menggeluti dunia usaha.

Tidak hanya itu, para remaja kampung tersebut yang ikut menjadi peserta juga merasa bersyukur, sebab  dunia kerja bukan hanya di perusahaan dengan menjadi karyawan saja, melainkan terbuka luasnya peluang usaha, jika potensi diri terus dikembangkan.

Seperti diungkapkan, Yuda Nurrohim, remaja yang masih duduk di bangku kelas 3 sekolah  Madrasah Aliyah Negeri Kota Tangsel itu mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukan kakak-kakaknya selaku mahasiswa sangat bermanfaat sekali.

“Kegiatan ini sangat menarik, bisa menyemangati anak-anak agar lebih berjiwa sosial, menambah pembelajaran, dan ilmu pengetahuan. Selain itu, masyarakat akan lebih menyadari tentang bagaimana pentingnya berwirausaha,” ujar Yuda, Senin (15/1/2018).

Senada dengan Yuda, peserta lainnya, Ine Duwinta Cahya juga mengungkapkan hal yang sama. Dia sangat termotivasi dengan wawasan keilmuan yang diberikan.

“Kita banyak mendapatkan ilmu dan jadi lebih ingin berwirausaha. Kami juga termotivasi agar lebih giat belajar,” tutur  siswi MTS Annashihin, Kademangan itu.

Sementara, Rasman Rega selaku Ketua RT 002/003 Kampung Cirompang, Kelurahan Kademangan menyambut baik kegiatan pengabdian mahasiswa kepada warga Kampung Cirompang.

“Wawasan warga jadi bertambah. Dan menjadi  spirit supaya anak muda bisa mendapatkan modal pengetahuan. Selain bisa melihat bagaimana pentingnya berorganisasi itu sendiri,” terangnya.

Rasman berharap, para mahasiswa bisa membangunkan fikiran warganya terutama anak-anak muda. Namun begitu, dia  berpesan agar kegiatan pengabdian tersebut nantinya dapat tersimpan dalam memori masyarakat.

“Harus ada memori yang selalu bisa di ingat masyarakat nantinya, bahwa pernah ada mahasiswa Unpam disini yang pernah mengabdi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Pamulang (HMM-UNPAM) melalui divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertemakan ‘Mendedikasikan Diri pada Desa Kademangan Melalui Pembinaan dan Pelatihan untuk Kemajuan Bangsa’. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari, Minggu-Rabu (14-17/1/2018) dengan sasaran peserta  anak- anak putus sekolah.

Ketua Umum HMM-UNPAM,  Malik Abdul Aziz berharap agar peran mahasiswa melalui pengabdian ini dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat dan mahasiswa dapat belajar serta mengamalkan ilmu yang didapat kepada masyarakat itu sendiri sebagai bentuk nyata Tri Dharma perguruan tinggi. (nabila)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *