LPM Kelurahan Batuceper Bakal Rubah Lokasi Rawan Jadi Menawan

oleh

Monitor, Kota Tangerang- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Batuceper, pada Sabtu (21/09/2019) pagi, menggelar berbagai lomba dan bazar. Kegiatan yang digagas oleh GACE POL (Garasi Anak Ceper Pancaran Obor LPM) ini, bertempat di bantaran Kali Mookervart, Jalan Daan Mogot, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang.

Turut hadir di kegiatan tersebut, Camat Batuceper Nur Hidayatullah, Lurah Batuceper Edi, Babinsa, Binamas serta sejumlah tokoh dan masyarakat setempat.

“Ya, kegiatan ini dalam rangka grand launching atas terbentuknya kepengurusan LPM sekaligus mengenalkan pengurus LPM yang baru, LPM yang mandiri masa bakti 2019-2024 kepada masyarakat khususnya di wilayah Batuceper,” kata H. Rohili Surianurjaya, Ketua LPM Kelurahan Batuceper, saat ditemui awak media di lokasi kegiatan.

Dipilihnya bantaran Kali Mookervart ini sebagai lokasi acara, kata dia, bertujuan untuk mengubah tempat yang selama ini dianggap rawan menjadi menawan.

“Tempat (bantaran kali) ini sebelumnya sangat kumuh dan tidak terpelihara, sehingga terlihat seperti hutan. Bahkan kerap dijadikan untuk hal-hal negatif oleh orang-orang byang tidak bertanggung jawab. Disinilah LPM hadir sebagai mitra pemerintah, untuk menata sekaligus merubah bantaran kali ini menjadi ruang publik bagi warga Batuceper. Lokasi ini kita namakan Kampung Garasi Kreasi,” jelasnya.

Nantinya, lanjut Rohili, di lokasi Kampung Garasi Kreasi ini, akan menjadi salahsatu tempat pemberdayaan masyarakat, terutama kalangan pemuda yang memang belum memiliki pekerjaan.

“Kita akan buatkan kreasi-kreasi untuk mereka dengan berbagai bentuk karya, dimana karya itu nantinya akan menghasilkan nilai ekonomi bagi para pemuda maupun warga di Kelurahan Batuceper,” imbuhnya.

“Lahan ini kan milik Balai Besar KSDA, saya sudah koordinasi kalo kita sipatnya hanya guna pakai saja. Sewaktu-waktu nanti mau gunakan ya silahkan saja, saat ini kita hanya memanfaatkan lahar tidur untuk kepentingan masyarakat,” terangnya.

Ditempat yang sama, Lurah Batuceper, Edi mengatakan, dengan terbentuknya kepengurusan LPM di wilayah tugasnya, diharapkan dapat membantu peranan pemerintah dalam melaksanakan program-program di lingkungan masyarakat, serta dapat membantu meningkatkan kenyamanan diilingkungan.

“Sebagai mitra, tentunya kami sangat mendukung kegiatan maupun rencana program kerja LPM kedepan, semoga bisa menjadi manfaat bagi masyarakat, khususnya warga Kelurahan Batuceper,” katanya.

Hal senada juga diutarakan Camat Batuceper, Hidayatullah. Pihaknya sangat apresiasi atas inisiatif dari LPM Kelurahan Batuceper.

“Ini adalah sebagai bentuk inovasi atau ide cemerlang yang memang harus didukung oleh pemerintah. Kenapa, karena wilayah Kecamatan Batuceper ini kan berbatasan dengan DKI Jakarta, dimana tingkat kesibukan masyarakatnya cukup padat, jadi kami sangat apresiasi sekali atas kepedulian kelompok-kelompok maupun lembaga masyarakat yang mau bersama-sama menata lingkungan. Di lokasi bantaran Kali ini tadinya kumuh, kotor dan banyak gubug-gubuk liar. Kemudian LPM Kelurahan Batuceper mempunyai inisiatif untuk membersihkan sekaligus menata tempat yang tadinya tidak layak dikunjungi, secara perlahan lokasi ini akan menjadi layak untuk dikunjungi masyarakat,” tukasnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan GACE POL itu, LPM Kelurahan Batuceper juga menggelar senam Aerobik bersama warga disertai dengan doorprize, halang rintang, tarik tambang, Bazar pakaian dan minyak murah, serta panggung hiburan dan kesenian. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *