Mendidik Anak Cintai Lingkungan, SMPN 02 Ciseeng Ajak Siswa Menanam Pohon

oleh -
Kepala SMPN 02 Ciseeng, Dra Elia Remeta M.Pd

Monitor, Bogor- Menanam pohon di lingkungan sekolah merupakan salah satu upaya untuk menyejukkan dan mengurangi polusi udara, selain itu sebagai pengingat bagi generasi  mendatang agar mereka bisa tumbuh di lingkungan dengan udara yang bersih dan bebas dari penyakit.

Terkait pentingnya menanam pohon, Kepala SMPN 02 Ciseeng, Dra Elia Remeta M.Pd  menjelaskan, manfaat penghijauan juga  membuat kualitas udara menjadi lebih baik.  Sebab menurutnya, pohon memainkan peran penting dalam memurnikan udara.

“Orang-orang yang tinggal di daerah dengan banyak pohon memiliki risiko lebih kecil menderita penyakit yang berhubungan dengan kondisi udara. Sebab, pohon dapat memurnikan karbon dioksida dan memberikan oksigen melalui fotosintesis,” ujarnya kepada Monitor kemarin.

Manfaat lainnya, keberadaan pohon juga dapat menambah keasrian lingkungan sekolah. Ditambah lagi buah dari  tanaman produktif dapat di konsumsi oleh warga sekolah.

“Menanam pohon di area sekolah merupakan inovasi dalam mendidik siswa sejak dini agar mereka mencintai lingkungan yang sejuk ,” terangnya.

Dikatakan Elia,  selain menanam pohon, area lahan seluas  1,2 hektar di sekolah juga dapat dimanfaatkan berbagai hal seperti pembuatan kolam ikan dan sebagainya.

“Untuk pengadaan bibit pohon, baru baru ini pihak sekolah  menerima bantuan dari Balai Pertanian RSSNC Rumpin Kabupaten Bogor berupa 350 bibit pohon berbagai jenis seperti  klengkeng, rambutan, mangga, alpukat dan tanaman lainnya.

Program  ini semua dapat terlaksana  atas kerjasama komite, dewan guru dan pihak lainnya, apalagi dari orang tua murid. Semua ini kita lakukan untuk kemajuan sekolah dan siswa ” imbuh Elia Remeta.

“Selanjutnya, kita juga sedang berencana membangun sarana Ibadah. Tempatnya persis di samping gerbang sekolah.  Sarana ibadah mesjid ini selain digunakan siswa, nantinya  juga bisa untuk warga sekitar,” tambahnya. (mzh/ry)

Tinggalkan Balasan