Menjadi Koki hingga Pembaca Berita, Ini Keseruan 50 Siswa PAUD Mengenal 5 Profesi

oleh

Monitor, Pagedangan – Sebanyak sekira 50 siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mendatangi gedung Froggy Edutography yang berada di Jalan BSD Grand Boulevard, Pagedangan, Tangerang, Selasa (10/4/2018). Kehadiran mereka untuk mendapatkan pengenalan awal mengenai 5 profesi yang ada ditengah-tengah masyarakat.

Para siswa berasal dari PAUD Cikal Harapan 2 yang sekolahnya berada di Jalan Kencana Loka, BSD, Tangerang Selatan (Tangsel). Mengenakan seragam profesi yang berbeda-beda, bocah-bocah lugu itu terus didampingi oleh guru dan perwakilan keluarga.

Segmentasi temanya yang bertajuk ‘Profesi’, membuat 50 siswa PAUD Cikal Harapan 2 harus dibagi-bagi menjadi 5 kelompok. Masing-masing kelompok, diperkenalkan untuk mempraktekkan aktiftas dari 5 profesi yang ada, yakni Koki, Pilot, Designer, Olahragawan, hingga News Anchor (Pembawa berita).

“Ini untuk foto akhir tahun, sekaligus juga memperkenalkan kepada anak-anak tentang sejumlah profesi, begini loh tempatnya, ini cara kerjanya, dan macam-macam yang kita jelaskan. Jadi hal ini bisa menambah pemahaman anak mengenai cita-citanya dikemudian hari,” terang Siti Aisyah, Kepala Sekolah Cikal Harapan 2.

Setiap bidang profesi yang diperkenalkan, didukung pula oleh sarana yang dibuat serupa seperti ruang kerja pada profesi tersebut. Misalnya untuk profesi designer, diruangan itu dilengkapi mesin jahit, aneka baju model, dan panggung tempat peragaan busana bagi para siswa.

Begitu pula pada profesi Koki, para siswa PAUD yang lengkap mengenakan seragam berwarna putih, diperkenalkan tentang apa saja yang ada dalam ruangan dapur, alat memasak, dan kelengkapan lainnya. Mereka pun mempraktekkan penggunaan sejumlah peralatan tersebut.

Sementara, untuk profesi sebagai News Anchor atau pembawa berita, siswa-siswa itu diajak untuk bergaya layaknya pembaca berita televisi. Satu-persatu mereka duduk dan berfose di belakang meja sambil menghadap ke arah kamera.

“Kita rutin setiap tahun sekali, cuma tempatnya beragam, tergantung temanya. Jadi yang menentukan tema itu melalui Forum Komunikasi orang tua murid, kita tawarkan seperti ini, nanti respon mereka mau seperti apa dan bagaimana.

Sementara itu, Future Goal Planner Froggy, Gras, menuturkan, kerjasama Froggy Edutography dengan PAUD Cikal Harapan 2 telah terjalin lama. Dimana Froggy merupakan pusat pengembangan cita-cita dan motivasi bagi anak berusia 7 hingga 14 tahun.

“Kami membantu pihak orang tua untuk mengetahui dimana minat dari anak-anaknya. Biasanya kita mengobservasi 8 kecerdasan, mulai dari Linguistik, interpersonal, intrapersonal, kinestetic, logika, music, visual, dan terakhir itu naturalis. Programnya kebih kurang selama 4 bulan, 12 kali pertemuan dengan diarahkan langsung oleh seorang Psikolog,” ujar Gras di lokasi.(bli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *