Momen Kampanye Akbar, Panitia Pilkades Rawa Kalong Jelaskan Tata Cara Pencoblosan

oleh
Ketua panitia Pilkades Rawa Kalong, Acid Susilo

Monitor, Bogor- Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Rawa Kalong, Kecamatan Gunung Sindur memanfaatkan ajang kampanye akbar untuk mensosialisasikan tatacara pencoblosan yang benar.

Selain  itu  panitia juga mendorong para tim sukses agar melakukan hal yang sama kepada setiap konstituen mereka, sehingga calon yang  diusung tidak dirugikan lantaran salah dalam mencoblos.

Hal itu diungkapkan, ketua panita Pilkades Rawa kalong, Acid Susilo didepan sejumlah relawan Gelatik (gerakan relawan Suntik) pada saat kampanye akbar Calon Kades nomor urut 4, Supriyadi, Minggu(27/10) di Jalan Cendana, Lapangan RT01/02 Dusun Rawa Kalong.

Acid menjelaskan bahwa, jumlah daptar pemilih tetap (DPT) di Desa Rawa Kalong sebanyak 8.985 hak pilih, dari jumlah tersebut dibagi menjadi 3 zona yakni;  zona A, B dan C. Dengan rincian zona A 2.993 pemilih (L=1508, P=1.485), Zona B 2.998 pemilih (L=1.476, P=1.522) dan Zona C 2.994 pemilih (L=1525, P=1.469).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sambung Acid, panitia juga telah menyiapkan TPS khusus pada masing-masing zona bagi pemilih yang tergolong sudah lanjut usia (Lansia) dan Ibu-ibu hamil. Yakni mereka mencoblos di TPS bagian tengah.

“Ibu dan bapak sekalian pada H-3 sudah mendapatkan undangan. Undangan warna pink untuk kaum hawa (perempuan), dan disudut undangan tertulis ada nomor DPT. Kemudian zonanya sudah tertulis. Jadi, nanti apabila ibu dapat nomor 1 sampai dengan 2.993 maka tidak perlu repot masuk ke zona B atau zona C,” kata Acid.

Kemudian, lanjutnya ketika masuk di TPS, pemilih wajib membawa undangan. Jika undangannya hilang maka tidak boleh menggunakan hak pilih. Oleh sebab itu, tugas tim sukses lah untuk mengingatkan para konstituennya.

Selanjutnya, undangan di tukar oleh petugas DPT dimasing-masing zona. Setelah diceklis akan diberikan surat suara untuk memberikan hak pilihnya.

Kepada semua kandidat, panitia  berpesan agar selalu menjaga kondusifitas, kemanan dan ketertiban sehingga  hajat besar warga Desa Rawa Kalong berjalan sukses. Selain itu, panitia juga berencana akan  mengundang Timses masing-masing calon pada hari tenang untuk memberikan bimbingan teknis (Bimtek) terkait tatacara pencoblosan. (mt01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *