Pam TPS Harus Kenal Seluruh Anggota KPPS & PPS

oleh

Monitor, Kota – Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Abdul Karim memimpin apel gelar pasukan pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019, Selasa (16/4/2019) pagi. Sebanyak 1.247 personel gabungan diberangkatkan untuk menjaga TPS di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota.

Ribuan petugas pengamanan TPS tersebut terdiri dari 839 personel Polres Metro Tangerang Kota dan polsek jajaran, 283 personel Bawah Kendali Operasi Polda Metro Jaya, serta 125 personel TNI.

Dalam apel tersebut, Kapolres Metro Tangerang, Kombes Abdul Karim mengatakan, pengamanan pemilu memerlukan perhatian serius, di mana berbagai potensi kerawanan harus bisa diantisipasi sejak dini.

“Tentunya BKO di TPS betul-betul mempersiapkan diri untuk konsolidasi sebaik dan semaksimal mungkin, karena rekan-rekan sebagai pengawas pengendali kepolisian di tingkat TPS. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan dan dikuasai,” ujar Abdul Karim.

Ia pun berpesan agar tiap petugas pengamanan TPS mengenali siapa saja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), selain menjamin keamanan TPS. Tidak hanya itu, petugas pengamanan TPS mesti kenal dengan kepala desa, ketua RT/RW, dan tokoh masyarakat setempat.

“Menjadi amat penting bagi seluruh anggota Pam TPS mengetahui kondisi di lapangan sekitar TPS dan mengenali seluruh anggota KPPS beserta tokoh masyarakat di sekitar lokasi pengamanan,” tandasnya.

Untuk diketahui, Rabu (17/4/2019) merupakan hari pemungutan suara Pemilu 2019. Pemilihan presiden dan wakil presiden dilaksanakan secara serentak dengan pemilihan anggota legislatif. Pada bilik suara nanti, pemilih mencoblos lima jenis surat suara, terdiri dari presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *