Pamulang Jadi Tuan Rumah MTQ ke IX Tingkat Kota Tangsel

oleh
Plt. Sekda Tangsel, Muhamad

Monitor, Tangsel – Pamulang akan menjadi tuan rumah MTQ ke IX tahun 2018  tingkat Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Hal itu diputusakan setelah Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) setempat menggelar Rapat persiapan MTQ di Aula Gedung 3 Balai Kota Tangsel, Ciputat pada Senin, (20/08/2018).

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Pemkot Tangsel Muhamad mengatakan bahwa, MTQ ke IX akan digelar pada 17-20 September 2018 mendatang dengan Kecamatan Pamulang sebagai tuan rumah. Menurut Muhamad, ada yang berbeda MTQ ke IX tahun 2018 ini, yakni pelaksanaan MTQ umum dan pelajar dijadikan satu, tidak terpisah seperti tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini pelaksanaan MTQ umum dan pelajar dijadikan satu, tidak terpisah seperti tahun sebelumnya. Supaya lebih efisiensi pembiayaan,” ujar Muhamad.

Namun kata sekda, lomba dan penilaian yang digelar terpisah antara pelajar maupun umum. Sedangkan Pawai Taaruf pelaksanaannya digabung pada 17 September 2018 mendatang.

“Kita ingin lebih memasyarakatkan MTQ, diharapkan MTQ tahun ini lebih meningkat kualitasnya sehingga gaungnya terlihat oleh masyarakat dan bermanfaat untuk warga Tangsel,” bebernya.

Sementaraz Ketua Harian LPTQ Tangsel Sobron Zayyan mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ reguler/umum digelar di pusat pemerintahan Kecamatan Pamulang dan MTQ pelajar di MTS Negeri 1 Pamulang.

“Untuk pembukaannya digabung, namun setiap kontingen memiliki koordinator yang berbeda. Jadi tahun ini Dindikbud wajib melibatkan pelajar SD dan SMP untuk MTQ Pelajar,” jelasnya.

Pendaftaran peserta MTQ dilaksanakan pada tanggal 12-14 September 2018. Bagi peserta yang mendaftar kategori umum tidak bisa mendaftar juga kategori pelajar. Setiap peserta hanya bisa mendaftar satu kategori.

“Rencananya panggung utama akan ada di depan kantor Kecamatan Pamulang untuk pembukaan MTQ. Karena ada penggabungan, maka akan ada kemacetan dari biasanya, namun syiarnya akan terlihat agar orang lebih percaya bahwa ada MTQ,” jelasnya.

Dana hibah untuk setiap kecamatan sebesae Rp 86 juta untuk pelaksanaan MTQ dan 86 juta untuk pembinaan. Sedangkan bantuan untuk tuan rumah diberikan Rp 300 juta.(mt02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *