Panen Raya di Teluknaga, Karang Taruna Miliki Potensi Kembangkan Daerah

oleh -

Monitor,Kabupaten,- Pertanian Indonesia mengalami tantangan serius, tidak hanya bidang kualitas produk, fluktuasi harga, banjirnya impor, serangan hama penyakit, namun juga menurunnya jumlah petani.

Untuk itu, Karang Taruna Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, sebagai organisasi pemuda di desa memiliki orientasi untuk pengembangan potensi daerah yang ada, salah satunya sektor pertanian.

“Alhamdulilah hari ini Karang Taruna Tani (KATANI) Desa Teluknaga telah panen perdana, dan saya ucapakan terimakasih kepada atas partisipasi dan semangat Karang Taruna,” kata Kepala Desa Teluknaga, Ajie Sutikna usai menggelar panen raya yang dilaksanakan di perkebunan di Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Kamis (10/6/21).

Ia menjelaskan, pertanian yang dikelola oleh Karang Taruna ini, mendapatkan suport dari PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta.

“Pertanian melon dan labu madu ini di dukung oleh AP II melalui program CSR nya,” ujarnya.

Dia juga menegaskan, Karang Taruna harus mampu mengembangkan skill dan kreativitas di bidang pertanian sehingga tercipta wilayah agrobisnis yang berorientasi pasar dengan penerapan teknologi dan manajerial yang professional.

“Dengan Karang Taruna Tani (KATANI) sebagai wadah pembentukan karakter, ideologi anak muda, akan memjadikan sumber daya lokal dan menciptakan lapangan kerja di bidang agrobisnis dengan mengoptimalkan potensi daerah yang ada,” harapnya.

Ketua Karang Taruna Desa Teluknaga, Vikri menambahkan, pertanian melon dan labu madu ini dilelola oleh anggota Karang Taruna Tani (KATANI) Desa Teluknaga, dengan luas lahan sekitar 1 hektar.

“Dari masa tanam sampai panen membutuhkan kurang lebih 75 hari, dan ini dikelola oleh anggota Karang Taruna Desa Teluknaga,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan panen raya melon dan labu madu ini, dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Tangerang, Ketua Karang Taruna Kecamatan Teluknaga, Camat Teluknaga, Perwakilan PT AP II, Kepala Desa Teluknaga serta Ketua dan Pengurus Karang Taruna Desa Telukanga. (mt02)

Tinggalkan Balasan