Pasca Banjir, Petugas Gabungan Kota Tangerang Kerja Bakti Massal

oleh

Monitor, Kota- Pasca banjir yang menimpa Kota Tangerang sejak Rabu (01/01) lalu, kiranya menyisakan tumpukan sampah dan kubangan lumpur di sejumlah titik wilayah.

Atas kondisi tersebut, Petugas gabungan yang terdiri dari Pemerintah Kota Tangerang, TNI dan Polri serta beberapa organisasi masyarakat yang ada di Kota Tangerang, pada Minggu (5/01/2020) pagi, melakukan kegiatan kerja bakti massal.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah yang turut hadir membaur dalam dikegiatan itu menjelaskan, kerja bakti massal ini sedianya menerjunkan ribuan petugas diantaranya, 169 personil Satpol PP, 111 petugas PUPR, 200 personil BPBD, 252 personil TNI, 181 personil Kepolisian, 205 petugas DLH, 75 anggota Dishub, dan 100 petugas Pertamanan.

“Operasi bersih-bersih gabungan ini dilakukan karena luas daerah yang terdampak cukup banyak. Lumpur yang memasuki pemukiman juga cukup luas. Maka karya bakti ini dilakukan secara besar-besaran demi mempercepat proses pemulihan seluruh wilayah Kota Tangerang,” ungkap Arief, saat ditemui di salahsatu lokasi kerja bakti, yakni Pasar Rubuh, Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh.

Selain kerja bakti massal, lanjut Arief, hingga saat ini 984 petugas Dinas Kesehatan juga standby di 22 Posko Kesehatan dan Posko Banjir di seluruh titik kejadian. Hal itu dilakukan untuk memastikan seluruh kesehatan masyarakat yang terkena musibah banjir.

Sementara itu, Dandim 0506 Tangerang, Kolonel Inf. Wisnu Kurniawan mengatakan, saat ini titik banjir sudah tidak ada, semua anggota fokus pada kerja bakti pembersihan fasos fasum, seperti membersihkan dan mengangkut sampah-sampah yang menghambat aliran air kali atau sungai.

“Karena menurut BMKG sampai 15 Januari nanti, intensitas hujan masih cukup tinggi. Maka, proses karya bakti benar-benar fokus pada jalur sungai dan kali. Kami menururnkan 252 personil, disebar di Ciledug Indah 1 dan 2, Kelurahan Petir, Pondok Arum dan Periuk,” jelasnya.

Selain di wiayah Kecamatan Cipondoh, kerja bakti massal juga dilakukan secara serentak dibeberapa wilayah kecamatan lainnya.

“Untuk wilayah Kecamatan Cipondoh kamj fokuskan di sini. Karena selain terdapat pasar, di sini juga terdapat TPS yang memang jumlah sampahnya cukup banyak,” Kata Camat Cipondoh, Riza Ridolloh.

Diketahui, selumnya 294 titik di Kota Tangerang dilanda banjir dengan ketinggian 15 hingga 150 cm dengan 16 ribu warga yang terdampak. Berdasarkan data yang disampaikan Diskominfo, sejak Sabtu (4/1) sekira pukul 17.30 wib, kondisi 294 titik tersebut sudahnya dinyatakan surut. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *