Pemkab Tinjau Rumah Baca Sahabat Pena

oleh

Monitor,Kabupaten- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip, melakukan kunjungan di Rumah Baca Sahabat Pena, di Kampung Alang Besar, Desa Kebon Cau, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Selasa (9/7/2019).

Tim pelaksana dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang, Supinah mengatakan, kunjungan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang, untuk memonitoring keberadaan rumah baca atau tamaan bacaan masyarakat yang ada diwilayah Kabupaten Tangerang.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip, akan terus memberikan dukungan dan memfasilitasi perpustakaan yang didirikan oleh masyarakat.

“Kami selalu melakukan monitoring rutin terhadap rumah bacaan yang didirikan oleh masyarakat, dan kami juga akan membantu dan memberikan fasilitas buku-buku bacaan yang dibutuhkan,” kata Supinah saat berkunjung di Rumah Baca Sahabat Pena di Kampung Alang Besar, Desa Kebon Cau, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Selasa (9/7).

Supinah yang mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang ini, juga mengapresiasi berdirinya Rumah Baca Sahabat Pena yang berada di tengah pemukiman padat penduduk di desa tersebut.

“Saya lihat sendiri, anak-anak di Kampung Alang Besar ini, sangat antusias untuk membaca, dan saya sangat mengapresiasi kepada pendiri yang dengan ihklas telah mendirikan rumah bacaan bagi masyarakat ini,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang, siap memberikan pelatihan manejemen perpustakaan kepada pengelola Rumah Baca Sahabat Pena, agar penataan dan penyediaan buku bacaan bisa lebih tertata dan lebih baik lagi.

“Kedepan, kami siap memberikan pelatihan manejemen tentang perpustakaan kepada pengelola Rumah Baca Sahabat Pena ini, agar bisa lebih maju dan lebih baik lagi dalam pengelolaan buku-buku bacaan,” tambahnya.

Pengelola sekaligus pendiri Rumah Baca Sahabat Pena, Sri Mulyo mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Tangerang, yang telah melakukan kunjungan di Rumah Baca Sahabat Pena.

Kujungan tersebut, kata Mul panggilan akrab wartawan Tangerang ini, merupakan bentuk dukungan moral kepada para penggiat literasi baca yang inging ikut mencerdaskan anak bangsa.

“Kami tidak terlalu berharap banyak dengan Pemerintah, karena semua yang kami lakukan adalah kegiatan kemanusiaan yang kami kerjakan dengan ihklas untuk masyarakat, kami hanya meminta Pemerintah Daerah dapat memberikan dukungan dan bekerjasama, agar masyarakat merasa dipedulikan oleh Pemerintahnya,” ujar Mul.

Negara, tegas Mul, harus hadir ditengah masyarakat untuk melayani dan mengayomi warganya, terutama dalam bidang literasi dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.

“Menurut saya, anak-anak adalah faktor terpenting yang harus diberikan pembinaan yang positif, karena mereka adalah generasi penerus bangsa, dan negara harus hadir ditengah-tengah mereka,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sejak diresmikannya Rumah Sahabat Pena, pada 1 Juli 2019, peminat baca yang didominasi oleh anak-anak usia belajar di Kampung Alang Besar tersebut, cukup tinggi.

Pengelola dan pendiri Rumah Baca Sahabat Pena, terus berupaya untuk memperkaya koleksi buku-buku bacaan yang disukai oleh anak-anak, seperti buku cerita, buku agama islam, buku gambar-gambar dan sebagainya.(mt01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *