Pengamat Prediksi Pilkada Tangsel 2020 Diikuti Empat Pasangan

oleh
Diskusi publik dengan tema "Evaluasi Pemilu 2019 Untuk Menuju Pilkada Tangsel 2020” menghadirkan pembicara Pengamat politik nasional dan sejumlah Pimpinan Parpol di Tangsel.

Monitor, Tangsel – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang akan digelar pada 2020 mendatang hanya akan diramaikan empat pasangan calon.

Prediksi itu disampaikan Pengamat Politik Nasional, Ray Rangkuti saat diskusi publik yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tangsel bersama Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Tangsel, di Resto Kampung Anggrek, Kota Tangsel, Rabu (26/6/2019).

“Dugaan saya kemungkinan calonnya akan ada empat, tidak akan lebih dari itu,” ungkap Ray di acara diskusi yang mengusung tema “Evaluasi Pemilu 2019 Untuk Menuju Pilkada Tangsel 2020” itu.

Ray menyampaikan, bahwa prediksi empat pasangan itu berasal dari beberapa partai yang meraih kursi mayoritas di DPRD Tangsel. Diantaranya, Partai Golkar diyakini akan mengusung calon sendiri, lalu Gerindra dan PDIP juga diprediksi masing-masing akan mengusung calon sendiri. Kemudian calon keempat, Ray memprediksi berasal dari calon independen. “Bisa independen sesungguhnya atau kandidat independen yang diusung oleh partai politik,” ucapnya.

Khusus untuk PKS meskipun memiliki 8 kursi di DPRD Tangsel, Ray mengaku tidak terlalu yakin PKS akan memajaukan calon sendiri pada Pilkada Tangsel nanti. Alasanya menurut Ray, karena PKS tradisinya ikut partai lain dan tidak mencalonkan sendiri.

“PKS secara umum tidak terbiasa memajukan calon sendiri kalau itu (pilkada) di wilayah Banten. Berbeda kalau di Jabar, NTB, Kalimatan, mereka (PKS) berani mencalonkan sendiri,” katanya.

Ray juga memprediksi Pilkada Tangsel 2020 akan lebih semarak dibandingkan pilkada sebelumnya. Tapi tantangan terbesarnya adalah bagaimana melibatkan partisipasi yang sebelum ini kurang tergarap yaitu wilayah yang berada di kawasan perkotaan Tangsel atau perumahan elitnya secara umum.

“Kalau KPU dan Bawaslu dapat lebih intensif mengakomodir mereka masuk dalam ranah politik, boleh jadi 4 pasangan ini dugaan saya, akan lebih kompetitif di dalam hal memajukan kota Tangsel,” imbuhnya.

Acara diskusi publik tersebut menghadirkan beberapa pembicara seperti Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro, Ketua Bawaslu Kota Tangsel Muhamad Acep, pengamat politik nasional Ray Rangkuti, serta beberapa pimpinan partai politik seperti Ketua DPC PDIP Heri Gagarin, Sekretaris DPD Golkar Abdul Rasyid, Sekretaris DPC Gerindra Yudi Budi Wibowo, Ketua DPC PKB Kota Tangsel Tarmizi, dan Ketua DPD PSI Andreas. (mt01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *