Pengurus LPM Tingkat Kelurahan Se-Kecamatan Pamulang Dilantik, Ini Pesan Camat

oleh

Monitor, Tangsel-  Suksesnya program pembangunan tentunya bisa terwujud ketika pemerintah dan masyarakat dapat bersinergi. Sebab itu, keberadaan LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) sangat penting untuk menjadi mitra pemerintah dalam menampung maupun mewujudkan aspirasi masyarakat terkait rencana pembangunan kewilayahan.

Hal tersebut diungkapkan Camat Pamulang, Deden Juardi saat pengukuhan dan pelantikan pengurus LPM tingkat kelurahan se-Kecamatan Pamulang masa bakti 2019-2024, Jumat(6/12/2019) di Aula Kecamatan Pamulang.

“Dengan keberadaan LPM inilah masyarakat bisa berdaya, sebab  LPM adalah mitra pemerintah untuk melaksanakan program percepatan pembangunan baik tingkat kota, kecamatan maupun kelurahan-kelurahan,” ujarnya.

Dijelaskan camat, pada perjalanannya, selama ini pemerintah  juga terus melakukan upaya pelibatan masyarakat pada setiap proses pembangunan. Sebelum LPM kata camat, dulu ada lembaga yang dibentuk seperti LPSD, BPD hingga kepada BKM.

“Kedepan LPM baik yang  ada di kecamatan maupun  kelurahan bisa bersinergi untuk program pemberdayaan masyarakat,” terangnya.

Pembentukan LPM, sambung camat  dasarnya adalah  Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 tahun 2018. Ini tentunya  sejalan dengan turunnya bantuan dana dari kemendagri  ke kelurahan-kelurahan.

Kepada para lurah, camat juga berpesan, pada saat mengajukan usulan terkait rencana kegiatan  yang berasal dari bantuan pemerintah pusat  agar selalu melibatkan masyarakat.

“Sekarang ini, dengan sistem bottom up (dari bawah keatas) teknisnya, apakah ngobrol bareng dengan RT RW dan yang lainnya  atau seperti apa, tentunya bisa dibicarakan. Pada dasarnya kita sangat berterimakasih dengan keberadaan LPM di kecamatan dan kelurahan, ” jelas Deden.

Kegiatan pengukuhan dan pelantikan pengurus LPM tingkat kelurahan juga dihadiri Ketua DPD LPM Kota Tangsel, Aldrin Ramadian, Ketua DPC LPM Kecamatan Pamulang, Rohidi,serta  Lurah dan Sekel se-Kecamatan Pamulang.(ded/mt01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *