Perumdam TKR Kabupaten Tangerang Komitmen Tingkatkan Layanan Air Bersih Hingga ke Pelosok Desa

oleh -
Pemasangan pipa di Kampung Tafiz, Desa Kebon Cau, Kecamatan Teluknaga

Monitor, Kab. Tangerang, – Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang, berkomitmen memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat hingga ke pelosok desa yang ada di Kabupaten Tangerang.

Untuk diketahui, Perusahaan plat merah milik Pemerintah Kabupaten Tangerang itu, juga telah berkontribusi besar terhadap PAD sebesar Rp 23,4 Miliar pada tahun 2021 ini.

“Naik terus kontribusi Perumdam TKR Alhamdulillah kita kontribusi terbesar. Sekarang Rp23,4 m Tahun ini kita setor,” ungkap Direktur Utama Perumdam TKR, Sofyan Safar, pada diskusi ‘Peran Perusahaan daerah (perseroda dan BUMD) dalam pembangunan di Kabupaten Tangerang’ yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang di Bandung, Jawa Barat, pada Kamis (2/12/21) malam.

Direktur Utama Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Sofyan Safar

Sofyan mengatakan, pasca diumumkan perumahan Citra Raya yang telah menyerahkan sebanyak 12 ribu sambungan langsung, terdapat juga tambahan dari perumahan Gading Serpong yang telah dikelola Perumdam TKR.

“Pasca diumumkan kita melayani perumahan Citra Raya sudah kita ambil, Gading Serpong sudah kita ambil. Mudah-mudahan besok lebih tinggi lagi tahun 2023 kontribusi dalam PAD,” katanya.

Ia menjelaskan, bahwa perusahaan yang dipimpinnya itu dinilai kinerja terbaik di Indonesia.

Dia juga optimistis, Perumdam TKR dapat terus meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Kita kinerja 4,4 terbaik se-Indonesia tidak ada lawan. Insya Allah bukan menyombongkan diri tapi kita percaya diri. Optimis kita bisa melayani masyarakat walaupun kami masih PR,” tegasnya.

Sementara itu, Dewan Pengawas Perumdam TKR Kabupaten Tangerang, Moch.Maesyal Rasyid menjelaskan, bahwa Bupati dan Wakil Bupati sebagai pemilik kuasa modal berkomitmen dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) bahwa warga Kabupaten Tangerang sebesar 60 persen pada 2023 harus terlayani air bersih.

Menurutnya, saat ini capaian tersebut baru sebesar 39 persen yang baru teraliri air bersih.

“Ada 181 ribu sambungan langganan, jadi masih ada sisa lagi sebanyak 140 ribu lagi sambungan baru untuk mencapai 60 persen. Dan nyawanya itu ada di beliau (Perumdam TKR, red) dalam sisa waktu dua tahun,” ucap Maesyal yang juga menjabat sebagai Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang.

Ia menambahkan, saat ini Perumdam TKR sudah melaksanakan pembangunan, jaringan distribusi utama pipa air bersih di wilayah Tangerang tengah dan utara.

“Rencana Desember – Januari akan kita pasang untuk masyarakat yang puluhan tahun menanti air bersih,” tandasnya. (ssp)

Tinggalkan Balasan