Pilket RTRW Serentak di Desa Rawa Kalong Digelar 10 Oktober, Ini Pesan Kades Kepada Kandidat Calon

oleh -
Kepala Desa Rawa Kalong, Wardi

Monitor, Bogor-  Warga Desa Rawa Kalong Kecamatan Gunung Sindur menyambut antusias pesta demokrasi pemilihan ketua (Pilket) RTRW yang bakal digelar serentak di desa tersebut  pada 10 Oktober 2021 mendatang. Rawa Kalong merupakan  salah satu desa padat penduduk yang berbatasan langsung dengan Kota Tangerang Selatan(Tangsel) terdiri dari  70 RT dan 17 RW.

Kepada Monitor, Kepala Desa Rawa kalong, Wardi mengatakan bahwa bagi setiap warga yang mendaftarkan diri menjadi kandidat calon ketua RT  maupun  ketua RW harus punya komitmen untuk siap bekerjasama membantu pemerintah desa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di lingkungan masing-masing.

“Sebelum pelantikan nanti kepada calon yang terpilih  kami juga akan melakukan pembekalan terkait tupoksi mereka sebagai ketua lingkungan,sehingga mereka benar-benar paham  akan tanggung jawabnya,” kata wardi, Rabu(22/9) di kediamannya.

Salah satu bentuk tanggung jawab yang harus dilakukan, sambung Wardi, mereka  harus bisa hadir ketika ada undangan rapat di desa. Sebab menurutnya, para ketua lingkungan  adalah kepanjangan tangan pemerintah desa dalam menyosialisasikan program-program pemerintah dcesa kepada masyarakat.

“Jika  timbul persoalan di lingkungan masing-masing, para ketua RT maupun RW harus bisa mencarikan solusi penyelesaian masalah warga, jangan sampai persoalan tersebut  malah  langsung naik ke desa,” ujarnya.

Selain itu sambung Wardi, bagi para Ketua RTRW yang tidak mau hadir ketika di undang rapat di desa, pihaknya juga akan memberikan sanksi berupa surat peringatan (SP).

“Nanti kita berikan SP bagi yang tidak mau hadir ketika di undang rapat,” tambahnya.

 

Sosialisasi dan Pendataan Vaksinasi Covid-19

Di tengah Pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir , Kades Rawa Kalong juga menghimbau kepada para calon Ketua RTRW  agar melakukan sosialisasi  pendataan terhadap warga di lingkungannya masing-masing yang sudah melakukan vaksinasi .

“Sambil silaturahmi, mereka juga  saya himbau untuk melakukan pendataan warga di lingkungannya yang sudah di vaksin. Sehingga pemerintah desa bisa mendapatkan data valid berapa prosentase jumlah warga Desa Rawa Kalong yang sudah vaksin,” imbuh Wardi.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kegiatan Pilket RTRW Desa Rawa kalong  juga digelar dengan tetap menjaga protokol kesehatan melalui  sistem kampanye  silaturahmi dari rumah ke rumah.

“Tidak semua lingkungan RTRW  menggelar pemilihan, bagi yang tidak ada calon maka Ketua RT yang lama kembali dikukuhkan, sebab  dari 77 RT hampir  separonya yang  dikukuhkan kembali,” pungkasnya. (mt01)

Tinggalkan Balasan