Puluhan Lampu PJU di Tangsel Tak Fungsi, Kecelakaan dan Kejahatan Mengintai

oleh -

Monitor, Tangsel – Sejumlah ruas jalab yang ada di beberapa wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) nampak gelap gulita. Hal itu disebabkan lampu-lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Pantauan yang terlihat di beberapa tempat seperti di Jalan Raya Serpong, Setu, terdapat sekira lebih dari 20 lampu PJU yang mati. Padahal jalan di lokasi itu cukup strategis menghubungkan Kecamatan Serpong, serta akses menuju Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang.

Sepanjang jalan itu terlihat gelap gulita, hanya sorot lampu dari kendaraan yang menerangi badan jalan. Kondisi demikian disebutkan telah berlangsung cukup lama, hingga membuat masyarakat dan pengguna jalan resah.

“Udah lama sih, kondisinya gelap kalau malam. Nggak tahu itu kenapa lampu PJU nya mati. Rawan juga kalau ada pejalan kali atau sesama kendaraan yang nggak hati-hati bisa terjadi kecelakaan,” ujar Wahyudi (42) pemilik warung di lokasi, Selasa (04/05/21).

Tak hanya kecelakaan yang mengintai, menurut dia, kondisi jalan yang gelap memberi keleluasaan pula bagi pelaku kejahatan untuk beraksi. “Jalau jalan gelap begini kan rawan pak, apalagi namanya begal-begal begitu kan kesempatan kalau kondisi jalan sepi, gelap,” ucapnya.

Kondisi serupa terlihat pula di sekitaran Bundaran Maruga, Serua, Ciputat. Akses menuju kantor Wali Kota itu gelap lantaran banyak lampu PJU yang mati. Padahal kawasan Maruga terbilang pusat dari perkantoran pemerintahan di Tangsel.

Cukup banyak lampu PJU yang tak berfungsi di sana. Jika malam tiba, maka yang terlihat hanyalah lampu-lampu kecil dari rumah, minimarket, ataupun tempat usaha yang berada di tepi jalan.

“Banyak yang mati lampunya, udah lama nggak diganti mungkin,” kata Ismail (35), pemilik kedai nasi bebek di sekotaran Bundaran Maruga.

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) pada Bidang PJU sendiri mengklaim memiliki call center yang bisa dihubungi manakala didapati lampu PJU tak fungsi. Bahkan, terdapat tim monitoring yang siaga bertugas mengawasi lampu PJU.

Namun di lapangan fakta yang ditemukan berbeda, puluhan lampu-lampu jalan itu memang tak berfungsi sejak lama tanpa ada pengecekan. Perbaikan lampu biasanya baru dilakukan jika telah terjadi kecelakaan di lokasi.

Kanitlaka Lantas Polres Tangsel Iptu Agus Sutrisna mengaku, kondisi penerangan jalan jadi salah satu pemicu kecelakaan lalu lintas pada malam hari. Dia berharap para pengendara tetap waspada saat melintasi jalan-jalan yang minim penerangan lampu PJU.

“Penerangan di jalan itu sangat penting. Tetap hati-hati dan konsentrasi agar terhindar dari kecelakaan,” ujarnya.(bli)

Tinggalkan Balasan