Putus Mata Rantai Covid-19, Tandon Ciater Disulap Jadi Karantina ODP di Tangsel

oleh -292 views

Monitor, Tangsel – Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kini seluruh Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang tinggal di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal dikarantina di bangunan khusus yang terletak di area Tandon Ciater, Serpong.

Bangunan itu sebelumnya merupakan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) dengan total luas lahan mencapai sekira 18 hektare. Kini berbagai persiapan telah dilakukan, guna menyulapnya menjadi “Rumah Lawan Covid-19” atau lokasi karantina bagi seluruh ODP di Tangsel.

“Nanti rumah lawan covid-19 ini tujuannya untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Nanti masyarakat yang berstatus ODP Corona bisa dibawa kesini untuk diperiksa. Jika nanti sudah dinyatakan sembuh dipersilahkan pulang lagi,” ucap Rahmat Salam, Asisten Daerah (Asda) 1 Kota Tangsel usai meninjau lokasi, Senin (6/4/2020).

Untuk pendataan seluruh ODP yang akan dikatantina, kata dia, nantinya gugus tugas Covid-19 akan meminta data dari Puskesmas, klinik, rumah sakit, ataupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya di Tangsel.

“Mekanismenya tim gugus tugas dan tim medis akan menjemput warga berdasarkan data dari Puskesmas dan Rumah Sakit. Tidak ada biaya bagi warga ber KTP Tangsel,” jelasnya.

Dilanjutkannya, keberadaan “Rumah Lawan Covid-19” sangat berperan signifikan dalam memutus penyebaran virus Corona. Bahkan dia menyebut, jika dikarantina sejak awal maka prosentase kesembuhan ODP mencapai 99 persen.

“Semuanya, ODP seluruh indonesia yang dilakikan seperti ini, 99 persen sehat. Itu yang akan kita tiru,” imbuh Rahmat.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Ciater yang juga Ketua RT07 RW07, Uus Usman, mengaku bakal mendukung rencana penempatan area KPT Tandon Ciater bagi semua yang berstatus ODP. Meskipun, tak sedikit pula warga yang menolak.

“Memang tadi warga sempat demo, tapi setelah dijelaskan akhirnya warga memahami apa yang dimaksud oleh Pemkot. Nanti saya juga akan melakukan sosialisasi kepada warga mengenai rumah lawan covid-19 ini agar warga paham,” ucapnya.(bli)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *