Ramah Lingkungan, NORC Harap Pemkot Tangsel Buat Regulasi yang Komprehensif Tentang Sepeda

oleh -
Fasilitas tempat parkir khusus sepeda di Balai Kota Tangsel terlihat belum dimanfaatkan secara maksimal. (foto ist)

Monitor, Tangsel – Komunitas sepeda Noris Owner Community Chapter Tangerang Selatan (NORC Tangsel) mengharapkan pemerintah kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) membuat regulasi yang komprehensif tentang sepeda. Hal itu perlu dilakukan mengingat bersepeda saat ini secara umum sudah menjadi kebiasaan baru, selain juga sepeda bisa menjadi alternatif alat transportasi yang ramah lingkungan.

Demikian disampaikan Andy Arex, Pembina Komunitas sepeda Noris Owner Community Chapter Tangerang Selatan (NORC Tangsel) kepada Monitortangerang.com, Rabu (16/7/2021).

“Bagaimana pun juga sepeda merupakan alat transportasi yang sangat ramah lingkungan. Perlu didukung oleh pemkot dengan menyediakan sarpras yang menunjang,” ujar Andy.

Namun begitu, menurut Andy, perlu adanya penataan dari segala aspek sehingga keberadaan sepeda bisa diterima dengan baik khususnya bagi pengguna jalan lain. Karena itu, ia mendorong agar Pemkot Tangsel bisa membuat regulasinya agar keberadaan sepeda tidak menimbulkan masalah.

“Buat regulasi yang komprehensif dan membangun sarpras yang memadai agar tidak tanggung yang malah dapat menimbulkan masalah lain,” tandas Andy.

Baca juga : NORC Tangsel Berikan Suport ke ASN yang Pilih Bersepeda Saat Ke Kantor

Andy menyebut dirinya termotivasi bersepeda dan ikut dalam komunitas sepeda sebagai penyaluran hobi untuk menjalin silaturahmi berdasarkan jenis merk sepeda. Namun, kata dia, tidak jarang juga berkolaborasi dengan komunitas lain.

Saat ini, sepeda oleh sebagian masyarakat sudah ada yang digunakan sebagai alternatif alat transportasi saat bekerja. Salah satunya, Kepala Seksi Media dan Kemitraan Komunikasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangsel, Taufik Ismail sudah rutin menggunakan sepeda sebagai alat transportasi saat bekerja dan aktivitas lainnya. Taufik menjadi satu-satunya ASN di Tangsel yang memilih bersepeda saat ke kantor.

Taufik mengaku sudah menggunakan sepeda sebagai alat transportasinya saat bekerja sejak 2018. Disamping karena hobi dan suka berolahraga, ia juga beralasan memilih bersepeda untuk menjalankan sunnah Nabi menjaga lingkungan alam.

“Karena hobi sejak kecil, sunnah Nabi juga menjaga lingkungan alam. Selain juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh jadi semangat, mengurangi polusi, bisa berhemat dan menurut saya bersepeda itu juga modis,” kata Taufik memberikan alasannya.

Taufik menyebut kebiasaan bersepeda sudah dilakukannya sejak dirinya masih di bangku sekolah. Meski berbeda dengan kebanyakan ASN lainnya, Ia mengaku senang dan tetap konsisten menggunakan sepeda, apalagi sepeda yang digunakannya merupakan sepeda hasil rakitan sendiri. (mt01/03)

Tinggalkan Balasan