Reuni 212 Dibanjiri Lautan Manusia, Mentahkan Prediksi Sejumlah Kalangan

oleh
Massa Reuni 212 memenuhi sekitaran kawasan Patung Kuda. Mereka tak bisa memasuki kawasan Monas karena kawasan itu juga sudah penuh oleh peserta lainnya.

Monitor, Jakarta – Reuni akbar 212 sukses digelar di Monas, Jakarta pada Minggu (2/12/2018). Acara yang dimulai sejak pukul 03.00 dan berakhir pada pukul 11.00 WB itu berjalan super damai dan diperkirakan dihadiri jutaan orang.

Prediksi sejumlah pihak yang menyebut bahwa acara Reuni akbar 212 tak akan bisa seramai aksi 212 dua tahun lalu terbantahkan. Nyatanya, peserta Reuni Akbar 212 begitu membludak, bahkan sejumlah peserta memprediksi peserta reuni akbar 212 ini melebihi peserta aksi 212 dua tahun silam.

“Sepertinya acara ini (Reuni 212) lebih ramai dibandingkan dengan aksi 212 yang lalu,” kata Irman, kata peserta Reuni 212 yang mengaku datang dari Pondok Aren, Kota Tangsel, Minggu (2/12/2018).

Ia mengaku datang ke acara tersebut bersama dengan beberapa sahabatnya dengan menggunakan kereta lisrik (KRL). “Kita berangkat bareng-bareng habis shalat Subuh menggunakan KRL dari Stasiun Pondok Ranji,” katanya.

Menurut dia, massa sudah memenuhi kawasan Monas dan sekitarnya sejak pagi hari. “Saya dari stasiun Tanah Abang jalan kaki menuju kawasan Monas, massa sudah membludak. Bahkan kita gak bisa lagi masuk ke Monas karena sudah penuh,” bebernya.

Sebelum acara ini digelar sejumlah kalangan memprediksi peserta tak bakal seramai aksi 212 lalu. Bahkan sebuah situs online nasional memuat berita bahwa aksi Reuni 212 diprediksi hanya akan dihadiri tidak lebih dari 15 ribu peserta. Namun, prediksi tersebut terbantahkan. Pasalnya meski belum ada yang bisa menyebutkan secara pasti jumlahnya, namun jumlah peserta Reuni 212 nyatanya begitu membludak dan diperkirakan melebihi aksi 212 dua tahun lalu yang dihadiri jutaan orang.

Diketahui, sejak Sabtu malam, kawasan Monas memang sudah dipenuhi lautan manusia yang berasal dari berbagai daerah. Minggu paginya, massa semakin membludak. Pasalnya banyak para peserta yang berasal dari Jabodetabek dan Banten memilih datang ke acara pada Minggu pagi dengan menggunakan KRL. Para peserta berusaha masuk ke kawasan Monas melalui beberapa stasiun, seperti stasiun Gondangdia, Gambir maupun stasiun Tanah Abang.

Sejumlah ulama, dan tokoh nasional hadir dalam acara tersebut dan memberikan orasi. Seperti Ketua MPR, Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR, Hidayat Nurwahid, Wakil Ketua DPR, Fadli Zhon, dan sejumlah tokoh lainnya. Selain itu, acara juga dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Para ulama, dan tokoh secara bergantian memberikan pidato.

Bahkan Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto pun hadir dan menyampaikan pidato singkatnya. Selain itu, dalam aksi damai tersebut juga diperdengarkan pidato dari Habib Rizieq Syihab langsung dari Mekah. (mt01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *