Revitalisasi Pasar Kronjo Segera Dimulai

oleh -
Foto: Pasar Kronjo, Kabupaten Tangerang

Monitor, Kabupaten- Rencana revitalisasi pasar Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, yang sudah digaungkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Niaga Kerta Raharja, sejak tahun 2018 silam, akhirnya menemukan titik terang dan akan segera dilaksanakan.

Direktur operasi (Dir.Ops) Perumda Pasar (NKR) Kabupaten Tangerang, H Ashari Asmat mengatakan, setelah seluruh pedagang di pasar Kronjo menempati tempat penampungan pedagang sementara (TPPS) yang telah disediakan, pembangunan akan langsung dilaksanakan.

“Pokoknya begitu pedagang pindah ke TPPS kita akan langsung pagar dan kita bangun,” kata Ashari , Rabu (3/3/21) sore.

Ia menjelaskan, sejak pertengahan bulan Februari, Perumda Pasar (NKR) Kabupaten Tangerang telah mengimbau dan melayangkan surat kepada para pedagang agar segera pindah ke TPPS.

“Persiapan sudah dilakukan sejak 18 Februari 2020, kita juga sudah layangkan surat pengosongan pasar yang lama dan pindah ke TPPS,” ujar Ashari.

Menurutnya, waktu persiapan dan pemindahan ke TPPS, sudah harus dilaksanakan mulai tanggal 1-14 Maret 2021.

“Mulai tanggal 15 Maret 2021, sudah tidak diperkenankan lagi untuk para pedagang untuk berjualan di eksisting (bangunan pasar lama,red) dikarenakan akan dibongkar dan di pagar,” jelas Ashari.

Terkait bangunan kios yang berdiri di lahan milik Perumda Pasar (NKR) Kabupaten Tangerang yang menghalangi akses ke TPPS, Ashari mengaku, pihaknya telah melayangkan surat untuk pembongkaran sendiri bangunan tersebut.

“Sampai saat ini sudah ada beberapa bangunan yang dibongkar sendiri oleh pemiliknya, dan kita juga sudah berkordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penertiban,” pungkasnya.

Diketahui, jumlah pedagang di Pasar Kronjo yang menempati eksisting (bangunan pasar lama) ada sekitar 500 pedangan  dan ada 31 pedagang yang mendirikan kios dilahan lahan milik Perumda Pasar (NKR) Kabupaten Tangerang.

Ashari menegaskan, bahwa TPPS sudah sesuai strandar dan layak untuk menampung para pedagang, karena sudah dilengkapi berbagai fasilitas.

“TPPS sudah sangat layak, bahkan untuk mencegah banjir, kita sudah siapkan pompa, agar penjual dan pembeli tetap nyaman,” pungkasnya.(mt02)

Tinggalkan Balasan