Sachrudin: Peran Aktif Orang Tua Dukung Terbentuknya Pendidikan Berkarakter

oleh

Monitor, Kota- Salah satu pelayanan dasar yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang adalah peningkatan kualitas pendidikan bagi pelajar di Kota Tangerang.

Karenanya, Pemerintah Kota Tangerang pun telah menggratiskan biaya pendidikan di sejumlah sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMP baik Negeri maupun swasta.

“Jadi pilihan untuk sekolah gratis bukan hanya di sekolah-sekolah negeri saja, sekolah swasta juga sudah banyak yang gratis,” kata Wakil Walikota Tangerang, H. Sachrudin saat memberikan sambutan di acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Yayasan Pendidikan Islam Al-Istiqomah, Karang Tengah Kota Tangerang, Selasa, (12/11/2019).

Langkah – langkah tersebut, lanjut Sachrudin, adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta mencetak generasi yang berkualitas.

“Tugas pemerintah sebagai fasilitator, terlebih pendidikan merupakan salah satu faktor yang utama,” jelasnya.

Kendati demikian, kata Sachrudin, peran aktif orang tua dalam pendidikan anak di satuan pendidikan akan mendukung terbentuknya insan dan ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong. Terlebih keluarga sebagai salah satu pilar dalam tri sentra pendidikan memiliki peran yang signifikan dalam mendukung keberhasilan pendidikan nasional.

“Jadi keluarga juga harus terlibat aktif dalam pendidikan anak. Jalin komunikasi yang baik dengan pihak sekolah, apa yang kurang pada anak atau mungkin kelebihan yang ada pada anak. Supaya kita sebagai orang tua mengerti apa yang dibutuhkan anak,” tutur Sachrudin.

Sebab, tambah Sachrudin, pendidikan bagi anak dimulai dari keluarga dan orang tua sebagai pendidik utama.

“Jangan cuma sekedar nitipin anak di sekolah, pantau terus perkembangannya,” tukasnya. (ben)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *