Siaga Ledakan Kasus Covid-19, Bupati Zaki: Kita Siapkan Penambahan Tempat Tidur

oleh -

Monitor, Kabupaten,- Untuk mengantisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Tangerang, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengumpulkan seluruh Kepala Rumah Sakit Pemerintah dan RS Swasta yang ada di Kabupaten Tangerang, yang digelar secara virtual, pada Rabu (16/6/21).

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, dalam dua minggu terakhir ini, kasus Covid-19 mengalami peningkatan yang cukup signifikan termasuk temuan-temuan kasus dan cluster baru di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Kasusnya silih berganti dari daerah satu ke daerah-daerah lainnya, dan juga kasus baru yang terjadi di kecamatan yang sebelumnya minim kasus,” ujarnya.

Bupati meminta para mitra fasilitas kesehatan se Kabupaten Tangerang untuk bersiap melaksanakan penambahan tempat tidur perawatan khusus pasien Covid-19.

“Apabila dimungkinkan untuk melakukan penambahan baik itu tempat tidur perawatan biasa maupun tempat perawatan ICU, segera informasikan kepada kami, untuk dapat kita bantu sesuai dengan kemampuan dan kewenangan yang ada,” ucapnya.

Bupati tidak menginginkan adanya ledakan kasus Covid-19 di Kabupaten Tangerang.

“Ke depan 1-2 minggu, saya tidak berharap ada ledakan kasus tapi apa yang terjadi di Jakarta pada saat ini khususnya 3 sampai 5 hari terakhir ini, cukup mengkhawatirkan dan Presiden sudah menginstruksikan untuk semua wilayah dengan lonjakan kasus baru yang terjadi baik di Pulau Jawa maupun di luar pulau jawa ini, juga berimbas dan berdampak kepada wilayah Kabupaten Tangerang,” kata Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga memberikan arahan, kemungkinan persiapan untuk melakukan penambahan tempat tidur perawatan bagi pasien yang terpapar Covid-19 dan segera disampaikan kepada Dinas Kesehatan.

Terkait dengan program vaksinasi massal yang akan dilaksanakan Kementrian Kesehatan melalui Dinkes Provinsi dan juga Dinkes Kabupaten Tangerang, Zaki meminta kerjasama seluruh pihak, baik itu pihak RSUD yang ada di Kabupaten Tangerang termasuk Camat untuk mempercepat proses vaksinasi kepada masyarakat terutama untuk kategori-kategori yang diprioritaskan.

“Kami berharap program vaksinasi 15.000 per hari bisa kita laksanakan di Kabupaten Tangerang dan tentu saja dengan menyelenggarakannya di berbagai macam tempat maupun fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Tangerang, dengan begitu tidak ada kumpulan masyarakat dalam jumlah besar di satu titik, ini akan mempermudah dan mempercepat proses vaksinasi kepada masyarakat,” ungkap Bupati.

Bupati juga mengajak kepada seluruh Camat untuk bekerjasama, bergotong-royong bersama seluruh elemen masyarakat yang ada di wilayah masing-masing untuk melaksanakan pembagian masker dan sanitizer dan kampanye protokol kesehatan.

“Untuk semuanya kita akan tambah yang tadinya 4 M menjadi 5 M yakni Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dengan Air dan Sabun, Menghindari Kerumunan dan yang terakhir Mengurangi Mobilitas,” ucapnya. (mt02)

Tinggalkan Balasan