SIMASBRO Bantu Warga Cek Berkas Sertifikat Tanah Secara Online

oleh
Peluncuran sistem SIMASBRO di kantor ATR/BPN Kota Tangsel, Serpong, Jumat (10/5/2019).

Monitor, Tangsel – ATR/BPN Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membuat terobosan baru dengan meluncurkan SIMASBRO, yakni Sistem Informasi Masyarakat Broadcast melalui SMS atau Whatsapp. Lewat sistem SIMASBRO, masyarakat Kota Tangsel kini bisa mengecek berkas atau sertifikatnya secara online.

Kepala Kantor BPN Tangsel, Wartomo, menjelaskan, bahwa SIMASBRO dapat memberikan informasi pertanahan terkait dengan proses berkas yang didaftarkan, informasi pendaftaran berkas, informasi tunda berkas karena kekurangan kelengkapan dokumen berkas dan informasi produk berkas yang sudah selesai.

“Untuk informasi pendaftaran berkas, apabila ada kendala maka akan disampaikan ke pemohon melalui sistem tersebut,” ujar Wartomo, saat peluncuran sistem SIMASBRO, di kantor ATR/BPN Kota Tangsel, Serpong, Jumat, (10/5/2019).

Sedangkan manfaat layanan SIMASBRO untuk masyarakat, adalah memberikan kepastian bahwa berkas benar telah didaftarkan di Kantor Pertanahan Kota Tangsel.

Selain itu, memberikan informasi elektronik langsung kepada pemohon apabila ada kekurangan kelengkapan dokumen terhadap berkas yang dimohon, serta memberikan kepastian kepada pemohon apabila berkas sudah selesai untuk melakukan pengambilan hasil produk berkas.

Sementara Himawan Arief Sugoto, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN yang turut hadir memaparkan, bahwa ini merupakan komitmen pihaknya untuk terus menerus melakukan transformasi berbasis online dan infrastruktur yang mumpuni.

“Kedepan kita akan melakukan sistem arsip digital. Untuk itu, dilakukan secara bertahap seperti SIMASBRO sebagai bentuk sistem secara terbuka. Jadi masyarakat dapat mengetahui status berkasnya. Karena selama ini masyarakat tidak mengatahui berkasnya ada dimana,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany berharap dengan adanya SIMASBRO dapat menjadi transparansi dan inovasi yang berguna untuk masyarakat. (mt01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *