SMA Al-Azhar BSD Gelar Edufair dengan Seminar dan Talk show

oleh

Monitor, Serpong –  SMA Al-Azhar BSD, Serpong, Jum’at (19/1/2018) menggelar kegiatan tahunan Edufair. Acara tersebut diisi dengan Seminar dan Talk Show bertemakan “Peran Integritas Dalam Memperkuat Karakter Siswa,” menghadirkan narasumber guru besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ), ahli dan praktisi pendidikan berpengalaman, Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd, Rene Suhardono dan publik figur Zee Zee Shahab.

Kepala SMA Al-Azhar BSD, Noor  Khoirudin dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya begitu peduli terhadap masa depan siswa-siswi Al-Azhar, khususnya untuk meningkatkan semangat dan mutu kompetensi serta berkarakter.

“Anak-anak ini kadang punya presepsi sendiri yang kita anggap penting, terkadang mereka anggap tidak penting. Melalui seminar inilah siswa diharapkan mendapatkan inspirasi dari para pembicara. Sehingga mereka lebih semangat dan yakin mengenai cita-cita yang diinginkan,” kata Noor Khoirudin.

Sebelum melakukan pendidikan yang lain, sambung Khoirudin, hal pertama yang harus ditumbuhkan adalah mengenai karakter.

“Jika sudah memiliki karakter yang baik, belajar itu gampang. Begitu banyak orang pintar tapi tidak mempunyai karakter. Negara ini rata-rata krisis akan orang berkarakter. Banyak yang pintar tetapi masuk KPK juga, maka inilah mengapa karakter itu penting,” jelasnya.

Selain itu, Ia juga berpesan bahwa siswanya tetap harus berkompetensi dan memiliki pondasi karakter yang baik. “Dalam meraih cita-cita, siswa tetap harus memiliki pondasi karakter yang baik,” jelasnya.

Sementara itu, Arief Rachman selaku narasumber acara tersebut  menegaskan, bahwa pembentukan karakter harus dilakukan sejak dini agar bisa mengembangkan potensi yang ada didalam diri para siswa secara tepat.

“Jangan pernah takut untuk berkarya dalam mengembangkan sesuatu yang ada dalam diri kita. Ekspresikan semuanya, kemudian, ada beberapa prinsip yang harus dikembangkan untuk mensukseskan semuanya seperti tanggung jawab, ketepatan kerja, keterikatan, keteraturan dan kemampuan,” ungkapnya.

Pendidikan itu tambah Arief,  berfungsi sebagai pengembangan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan.

“Para peserta didik harus bisa terbuka wawasannya tentang bagaimana memaksimalkan proses dan usaha dalam menggapai cita-cita yang  diimpikan,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Zee Zee Shahab selaku publik figur dan narasumber mengajak para siswa untuk dapat mengetahui passion mereka agar dapat melakukan apa yang mereka inginkan tanpa terbebani.

“Tetapkan passion!Passion itu ketika kalian jalani tidak ada beban yang dirasakan dan menjalankan nya dengan senang hati,” ungkap Zee Zee didepan ratusan siswa Al Azhar.(nabila)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *